Mendagri : Empat Skala Prioritas Provinsi Gorontalo Kedepan

Gorontalo – Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo, menilai ada Empat hal yang masuk dalam perencanaan Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) Provinsi Gorontalo kedepan.

“saya menyimak laporan dari Kepala Bappeda Provinsi Gorontalo dan sambutan Gubernur, intinya ada Empat skala prioritas yang telah dijalankan dan tentunya kedepan ingin lebih ditingkatkan,” Kata Tjahjo Kumulo saat memberikan sambutan pada pembukaan Musrenbang Provinsi Gorontalo.

Pertama kualitas Sumber Daya Manusia (SDM), yaitu pendidikan, dan sama dengan konsep Nawacitanya Presiden Jokowi, bahwa seluruh penduduk Indonesia harus mempunyai kartu pintar, dan kartu sehat.

Yang kedua terkait dengan kesehatan, dimana ada bantuan Jaminan Kesehatan, yang sudah terata dengan baik, dan didukung oleh BPJS.

Ketiga percepatan pembangunan infrastruktur, menurunya pembangunan infrastruktur harus terecana dalam prospek jangka panjang, apalagi Gorontalo adalah Provinsi yang masih muda, punya sejumlah kelebihan baik potensi alam  dan lingkungan,

“Gorontalo harus mampu membangun konektivitas antara antara kabupaten/kota, dan sinergitas dengan provinsi yang berdekatan, baik Sulawesi Utara, maupun Sulawesi Tengah, dan secara keseluruhan seluruh provinsi di Sulawesi harus teringtrasi dengan baik,” Ujarnya.

Ke Empat terkait peningkatan ekonomi kerakyatan, ini kompleks sekali, dimana tujuan pemerintah untuk mempercepat pemerataan pembangunan, dimana ada konsep Nawacitanya Jokowi yaitu membangun dari pinggiran dari desa, harus terintegrasi.

“Saya kira Empat hal ini harus masuk dalam perumusan perencanaan Musrembang kedepan, disamping tadi kami titipkan program Presiden jangka pendek, yaitu masalah deregulasi baik tingkat pusat hingga tingkat desa, dan masalah yang berkaitan dengan percepatan pembangunan infrastruktur,” ujar Mendagri.

Pihaknya berharap semoga Musrenbang Provinsi Gorontalo ini mampu merumuskan sejumlah program, yang nantinya akan diperjuangkan bersama pada Musrenbang pusat,yang nantikan akan jadi program 2017 kedepan.

237 total views, 1 views today

Tags:
author

Author: 

Leave a Reply