Matangkan RPJMD, Pemprov Gelar  Diskusi Publik

GORONTALO – Sesuai amanat UU Nomor 25 Tahun 2004 tentang Sistem Perencanaan Pembangunan Nasional dan UU No 23 Tahun 2014 tentang Pemerintah Daerah, Provinsi Gorontalo kembali akan mencanangkan proses penyusunan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) untuk periode tahun 2018-2022.

Terkait hal itu Bappeda Provinsi Gorontalo menyelenggarakan Forum Konsultasi Publik untuk rancangan pematangan penyelenggaraan RPJMD 2018-2022 yang berlangsung di Gedung GPCC Kota Gorontalo, Selasa (18/7).

Forum diskusi publik tersebut dibuka langsung oleh Sekretaris Daerah Provinsi Gorontalo Winarni Monoarfa. Dalam arahannya Winarni mengatakan , sebagai dokumen perencanaan jangka menengah, RPJMD Provinsi Gorontalo Tahun 2018-2022 memuat Visi, Misi dan program Gubernur dan Wakil Gubernur terpilih yang dijabarkan kearah kebijakan dan strategi pembangunan daerah.

“RPJMD sebelumnya kita ada empat program unggulan yang telah kita canangkan, maka untuk 2018-2022 kita tambahkan empat lagi nantinya akan ada delapan program unggulan. Inilah kenapa konsultasi publik seperti ini kita laksanakan, agar mendapatkan masukan dari semua pihak,” ungkap Winarni.

Winarni berharap, nantinya RPJMD ini bisa dilaksanakan sesuai dengan kemampuan anggaran yang ada.  Untuk itu seluruh pihak baik dari lingkungan pemerintah provinsi, unsur legislatif, bupati/walikota dan seluruh jajarannya, unsur forkopimda, LSM, swasta dan juga masyarakat lainnya agar selalu bekerjasama dan berkoordinasi yang baik dalam menjalankan pembangunan daerah.

“Harapan saya kita harus terus berupaya, kerjasama yang kongkrit harus kita eratkan. Karena keseluruhan pembangunan diharapkan bisa segera diwujudkan,” tandasnya.

Dijelaskan, berdasarkan Visi Misi pembangunan RPJMD 20018-2022, maka yang menjadi delapan program unggulan sebagai prioritas pembangunan Provinsi Gorontalo yaitu, Pendidikan berkualitas, Kesehatan prima, Infrastruktur merata, Ekonomi kerakyatan, Pemerintah melayani, Agama dan Budaya, Pariwisata mendunia serta Lingkungan lestari.

Pewarta : Ecin

Foto.       : Nova

Editor.    : Asriani

115 total views, 1 views today

author

Author: 

Leave a Reply