Lomba Pacuan Kuda

Gorontalo – Dalam Rangka menyemarakan HUT Provinsi Gorontalo yang ke-16, lomba pacuan kuda dan karapan roda sapi menjadi salah satu agenda yang diksanakan oleh Pemerintah Provinsi Gorontalo.  Kegiatan lomba ini dibuka langsung Plt Gubernur Gorontalo Zudan Arif Fakrulloh yang berlangsung di Lapangan Pacuan Kuda Yosonegoro, Kab. Gorontalo,  Jumat ( 2/12)

Plt Gubernur Gorontalo Zudan Arif Fakrulloh dalam sambutannya mengatakan kagiatan lomba pacuan ini selain dalam rangka menyemarakan HUT Provinsi Gorontalo yang ke 16 tentu juga sebagai ajang untuk menunjukkan potensi pariwisata yang dimiliki Gorontalo.

” semoga ini bisa menjadi ajang untuk mewadahi kebutuhan kita dalam bidang pacuan kuda dan saya berharap ini bisa menjadi ajang untuk menunjukkan kepariwisatawan kita” ujar Zudan.

Lebih lanjut Zudan berharap bahwa jika tahun ini lomba pacuan kuda digelar hanya untuk wilayah se-Sulawesi maka tahun depan harus secara nasional.

“Kita upayakan jika tahun ini hanya dari Sulawesi yang hadir disini, maka tahun depan harus ada dari pulau Jawa, Kalimantan , Nusatenggara. Pokoknya ini akan jadi ajang Nasional yang diselenggarakan oleh Gorontalo, ” lanjut Zudan.

Sedkitnya 62 pasang pacuan kuda dan 36 pasang sapi dari berbagai daerah Se Sulawesi turut di lombakan pada ajang tersebut yang akan berlangsung sampai dengan 4 Desember nanti.

Sementara itu Kadis Perhubkominfo dan pariwisata yang juga selaku ketua Panitia Jamal Ngandro melaporkan tujuan kegiatan ini selain menyemarakan HUT Provinsi Gorontalo juga sebagai wadah untuk melestarikan dan menghargai yang sudah menjadi budaya  dan tradisi  masyarakat Gorontalo khususnya di wilayah Yosonegoro.

“Kegiatan ini sudah menjadi keputusan dari bapak Plt Gubernur bahwa kegiatan ini harus dilestarikan, jika sebelumnya kegiatan ini hanya diselenggarakan setiap pascah hari raya idul fitri maka mulai sekarang akan diadakan setiap memperingati HUT Provinsi kita, ” pungkas Kadis Perhubkominfo.

 

whatsapp-image-2016-12-03-at-7-19-20-am2 whatsapp-image-2016-12-03-at-7-19-20-am

381 total views, 1 views today

Rate this article!
Lomba Pacuan Kuda,5 / 5 ( 1votes )
author

Author: 

Leave a Reply