Lomba Pacuan Kuda dan Karapan Sapi Semarakkan Perayaan Ketupat

Wakil Gubernur Gorontalo H. Idris Rahim menyerahkan bonus kepada pemenang lomba pacuan kuda untuk kelas terbuka 1.600 meter

GORONTALO – Kejuaraan pacuan kuda, kuda gerobak, dan karapan sapi se Sulawesi, kembali digelar oleh Pemerintah Provinsi Gorontalo dalam menyemarakkan Gebyar Ketupat tahun 2017. Kejuaraan ini dibuka langsung oleh Wakil Gubernur Gorontalo H. Idris Rahim di gelanggang pacuan kuda Yosonegoro, Minggu (2/7).

Lomba pacuan kuda, kuda gerobak, dan karapan sapi, merupakan tradisi masyarakat Gorontalo dalam merayakan hari Ketupat. Saat ini, kegiatan tersebut menjadi agenda rutin tahunan Pemerintah Provinsi Gorontalo, yang selain bertujuan untuk melestarikan budaya dan memberikan hiburan kepada masyarakat yang merayakan Ketupat, sekaligus pula sebagai wadah pembinaan olahraga berkuda di Provinsi Gorontalo.

“Kita telah melewati Bulan suci Ramadhan sebulan penuh, kemudian juga telah merayakan hari kemenangan Idul Fitri. Saatnya masyarakat dan pemerintah sama-sama bersuka cita atas kemenangan mengendalikan hawa nafsu,” tutur Idris.

Idris menambahkan, melalui ajang kejuaraan yang menghadirkan peserta dari Provinsi Sulawesi Utara dan Sulawesi Tengah, akan memotivasi para penggiat olahraga berkuda di Provinsi Gorontalo untuk terus berlatih, sehingga dapat mengharumkan nama daerah dikancah olahraga berkuda nasional.

Lebih lanjut ungkap Wagub, ajang lomba pacuan kuda, kuda gerobak, dan karapan sapi se Sulawesi, juga menjadi penunjang promosi wisata daerah. Dijelaskannya, Pemerintah Provinsi Gorontalo sedang giat-giatnya mengembangkan sektor pariwisata dan menjadikannya salah satu program unggulan yang diharapkan dapat meningkatkan pendapatan dan kesejahteraan masyarakat.

Wakil Gubernur Gorontalo H. Idris Rahim menyerahkan dua ekor sapi kepada panitia pelaksana untuk diperebutkan pada lomba karapan sapi

“Banyak hal positif yang bisa kita raih dari penyelenggaraan kejuaraan ini. Selain untuk pembinaan olahraga berkuda, banyaknya pengunjung dari luar Gorontalo yang datang menyaksikan kejuaraan ini, diharapkan berdampak pada pendapatan masyarakat,” terang Wagub.

Kejuaraan yang akan berlangsung selama tiga hari tersebut diikuti oleh 33 ekor kuda yang akan berlomba pada pacuan kuda kelas terbuka jarak 1.600 meter dan lomba kuda gerobak. Sedangkan untuk karapan sapi diikuti oleh 40 pasang sapi. Pemenang lomba akan menerima trofi Gubernur Gorontalo dan sejumlah bonus yang telah disiapkan panitia pelaksana.

Pewarta : Ecin
Editor : Haris
Foto : Haris/Gusti

312 total views, 1 views today

author

Author: 

Leave a Reply