Libur Nasional, Gubernur Berharap Partisipasi Pilkada Maksimal

Gubernur Gorontalo Rusli Habibie (tiga kiri) bersama Wakil Gubernur Idris Rahim (dua kiri) saat mengikuti video confrence dengan pemerintah pusat yang berlangsung di Mapolda Gorontalo, Senin (25/6/2018). Sambungan video jarak jauh itu dibagi kedalam dua sesi. Sesi pertama membahas evaluasi pengamanan salama Ramadan dan libur lebaran, sementara sesi dua membahas kesiapan pelaksanaan Pilkada serentak di 171 daerah se Indonesia. (Foto: Salman-Humas).

KABUPATEN GORONTALO, Humas – Gubernur Gorontalo Rusli Habibie memastikan bahwa hari H pelaksanaan pencoblosan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2018 yang jatuh tanggal 27 Juni 2018 merupakan hari libur nasional. Hal itu dikemukakan Rusli Habibie usai mengikuti Video Confrence dengan pemerintah pusat yang berlangsung di Mapolda Gorontalo, Senin (25/6/2018).

Baca Juga :  Ini Manfaat Kartu “NKRI Peduli” Bagi Warga Miskin

“Saat hari pencoblosan tanggal 27 Juni merupakan liburan nasional. Jadi semua kantor diliburkan, meskipun tidak melaksanakan Pilkada. Sore nanti akan ada Kepresnya (Keputusan Presiden yang mengatur libur nasional),” jelas gubernur saat menjawab pertanyaan wartawan pada sesi konfrensi pers.

Rusli berharap dengan adanya penetapan libur nasional, maka para pegawai pemerintah dan instansi swasta bisa fokus untuk menyalurkan hak pilihnya.  Hal itu penting untuk meningkatkan tingkat partisipasi masyarakat pada perhelatan demokrasi lima tahunan tersebut.

“Selain Pilkada yang aman dan lancar, fokus pemerintah untuk memaksimalkan partisipasi masyarakat. Oleh karena itu, saya menghimbau bagi masyarakat wajib pilih untuk sama sama datang ke TPS untuk menentukan pemimpin pilihannya,” sambung Gubernur Gorontalo dua periode itu.

Baca Juga :  Gubernur Berharap Bantuan KUR Untuk Usaha Produktif

Video confrence yang berlangsung di Mapolda Gorontalo selain dihadiri Wakil Gubernur Idris Rahim dan Kapolda Gorontalo Brigjen Pol Rachmat Fudail, juga dihadiri oleh unsur Forkopimda lainnya.

Nampak hadir juga Wali Kota Gorontalo Marten Taha, Danrem 133/Nani Wartabone Kolonel Czi Arnold Aristoteles Ritiauw, unsur TNI dari kesatuan laut dan udara serta dari unsur KPU dan Bawaslu penyelenggara pemilu.

Video confrence yang dipimpin oleh Menko Polhukam Wiranto tersebut dibagi ke dalam dua sesi. Sesi pertama untuk mengevaluasi pelaksanaan pengamanan selama Ramadan dan Lebaran, sementara untuk sesi dua mendengarkan paparan tentang kesiapan pelaksanaan Pilkada serentak di 171 daerah se Indonesia.

Pemaparan dilakukan secara paralel antara Menko Pulhukam, Mendagri, Kapolri, Panglima TNI, KPU dan Bawaslu RI.

Baca Juga :  Jabat Sekdaprov Gorontalo, Darda Dijemput Adat Moloopu

Video confrence tersebut juga disaksikan oleh unsur Forkopimda di setiap kabupaten / kota yang berpusat di Mapolres masing-masing.

Pewarta: Isam

615 total views, 1 views today

author

Author: