Lebaran Ketupat, Ribuan Masyarakat Penuhi Pacuan Kuda Yosonegoro

0
895
Wagub Gorontalo Idris Rahim (Kanan) berfoto bersama juara lomba pacuan kuda yang diselenggerakan dalam rangka lebaran ketupat, di pacuan kuda Yosonegoro, Jumat (22/6/2018). ( foto : Nova – Humas)

Kabupaten Gorontalo, Humas – Ribuan masyarakat memenuhi lokasi lomba pacuan kuda Yosonegoro Kabupaten Gorontalo yang merupakan rangkaian kegiatan gebyar ketupat dalam rangka hari raya ketupat yang diadakan Pemprov Gorontalo, Jumat (22/6/2018).

Kegiatan ini dihadiri oleh Gubernur Gorontalo Rusli Habibie, Wakil Gubernur Gorontalo Idris Rahim, Ketua TP. PKK Provinsi Gorontalo Idah Syahidah dan sejumlah pejabat forkopimda serta SKPD lingkup Pemprov Gorontalo.

Idris Rahim yang membuka kegiatan pacuan kuda dalam sambutannya memberikan apresiasi kepada masyarakat Yosonegoro yang menyambut dengan hangat masyarakat yang berdatangan yang hadir dalam kegiatan lebaran ketupat.

“Ini merupakan tradisi yang baik yang perlu kita tumbuh kembangkan di masa-masa yang akan datang,” kata Idris.

Wagub menjelaskan selain menyediakan ketupat, juga dilaksanakan kegiatan pacuan kuda, dan ini bisa terselenggara berkat sinergitas, upaya maupun kerjasama antara panitia pelaksana, unsur keamanan, dan pemilik kuda.

Idris berharap lomba pacuan kuda berlangsung aman dan tertib karena ini merupakan hiburan untuk masyarakat.

” Ini merupakan hiburan rakyat dan menjadi kewajiban pemerintah untuk menghibur rakyatnya, ” tandas wagub.

Lomba pacuan kuda diikuti 36 ekor kuda, 16 ekor diantaranya berasal dari Sulawesi Utara, Sulawesi Barat dan Sulawesi Tengah. Untuk lomba karapan sapi diikuti 45 pasang sapi, dan kuda gerobak 37 ekor. Sementara jarak yang dilombakan dalam pacuan yaitu 800m, 1000m, dan 1200m. Gubernur Gorontalo dan Wakil Gubernur Gorontalo juga turut menyertakan kuda andalan mereka dalam lomba ini.

Artikel Terkait  Moleleyangi Bagi-Bagi Bahan Kebutuhan Pokok

Meski hujan mengguyur lokasi, namun masyarakat tetap antusias untuk mengikuti lomba ini. Lomba pacuan kuda ini berlangsung selama tiga hari dari tanggal 22 – 24 Juni 2018.

Pewarta/editor : Asriani

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini