Lagi, Gorontalo Inovasi Raih Juara Lomba Paduan Suara Internasional

0
926
Gorontalo Inovasi saat menampilkan persembahan di hari kedua dalam lomba paduan suara internasional Balikpapan Choral Orchestra Folklore Festival (COFF) di Balikpapan, Kalimantan Timur, Jumat (9/8/2019).(foto : Istimewa)

Balikpapan, Humas – Rasa bangga patut disematkan kembali ke Gorontalo Inovasi (Gotiv) Choir, paduan suara andalan Pemerintah Provinsi Gorontalo yang merupakan binaan Dinas Pendidikan, Kebudayaan, Pemuda dan Olahraga (Dikbudpora) Provinsi Gorontalo.

Gotiv mampu meraih Gold Medal (medali emas) dan penilaian best of the best dengan nilai tertinggi dalam lomba paduan suara internasional, Balikpapan Choral Orchestra Folklore Festival (COFF) di Balikpapan, Kalimantan Timur, Jumat (9/8/2019).

Medali emas diraih dalam dua kategori yang diikuti yaitu kategori Folklore dan kategori Music of Religion.

Sementara best of the best dengan nilai tertinggi diraih dari seluruh penilaian 6 kategori yang diperlombakan yaitu Kindergarten, Children, Teenage, Youth, Mixed Choir, Music of Religion dan Folklore.

Safwan Eka Putra, Kasi Pembinaan Seni dan Tenaga Kebudayaan Dikbudpora yang mendampingi Gorontalo Inovasi di Balikpapan menjelaskan, sangat bangga dengan pencapaian ini karena kembali membawa nama harum Provinsi Gorontalo. Iapun menyebut dukungan Pemprov sangat penting dalam kegiatan ini.

” Berkat support bapak gubernur, wagub, sekda, serta ibu kadis, Gorontalo Inovasi mampu kembali membawa nama harum Gorontalo,” kata Safwan.

Sementara itu Arter Galuanta, pelatih Gotiv menjelaskan, salah satu alasan memilih kategori folklore, karena kategori ini mewakili budaya Gorontalo. Begitupula dengan kategori reliji yang menggambarkan masyarakat Gorontalo dengan adat bersendikan sara’, sara’ bersendikan kitabullah.

Untuk kategori religi, Gotiv memilih judul Alllahumma Hamna bil Quran dan Jamiatun Mufazi. Sementara untuk Folklore mengambil judul Ma Cepet – cepetan dan Buheli Ulumaiyo.

Artikel Terkait  Anak Berkebutuhan Khusus Berhak Dapatkan Layanan Yang Sama

” Kami melakukan latihan kurang lebih 1 bulan,” ungkap Arter.

Lomba paduan suara internasional yang ditutup jumat malam ini diikuti oleh 32 paduan suara.

BCOFF 2019 merupakan kompetisi paduan suara dan orkestra internasional yang telah berlangsung sejak tahun 2007 hingga saat ini.

Tahun ini berlangsung dari tanggal 7-10 Agustus 2019 di Gedung Kesenian Balikpapan dan BSCC Dome.

Pewarta : Asriani

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini