Kwarda Pramuka Gorontalo Gelar Upacara Kesaktian Pancasila

 

GORONTALO – Kwatir Daerah Gerakan Pramuka Provinsi Gorontalo menggelar Upacara Bendera untuk memperingati Hari Kesekatian Pancasila bertempat di Taman Makan Pahlawan (TMP) Pentadio, Minggu (1/10). Acara yang dirangkaikan dengan tabur bunga di makan pahlawan itu dipimpin langsung oleh Ketua Kwarda Idah Syahidah.

Ditemui usai acara tersebut, Idah menjelaskan bahwa Pancasila yang telah menjadi dasar pengelolaan kehidupan berbangsa dan bernegara telah mengalami ujian berat pada tahun 1965, dimana ada pihak-pihak yang akan menggantikan Pancasila dengan idiologi lain. Oleh karena itu penting untuk dikenang dalam rangka menggelorakan nasionalisme dan jiwa patriotik.

” Kita memperingati Hari Kesaktian Pancasila, dengan maksud untuk terus menggugah dan menggelorakan semangat nasionalisme dan jiwa patriotisme dalam memegang teguh Pancasila sebagai dasar negara agar tetap hidup dan terjaga dalam hati sanubari kita masing-masing,” tutur isteri Gubernur Gorontalo Rusli Habibie.

Pada zaman sekarang ini ungkap Idah, arus informasi mengalir secara deras tanpa bisa dibendung dan membawa pengaruh luar biasa pada sendi-sendi kehidupan bangsa. Harus diakui bahwa tantangan-tantangan semakin lama tidaklah semakin ringan, akan tetapi justru berkembang menjadi semakin beragam dan sulit.

“Mari kita tunjukkan melalui sikap dan perbuatan kita bahwa bangsa Indonesia adalah bangsa yang toleran, bangsa yang menghargai dan menghormati manusia sebagai ciptaan Tuhan Yang Maha Esa, sebagai bangsa yang cinta damai sekaligus menjunjung tinggi persatuan dan kesatuan,” imbuh Idah.

Agar bangsa Indonesia mampu menghadapi tantangan di era reformasi maupun globalisasi, maka diperlukan adanya suatu kekuatan yang tangguh dari bangsa itu sendiri. Suatu kekuatan yang hanya bisa dibentuk apabila bangsa itu mempunyai jati diri dan karakter yang kuat.

Pewarta/foto : Burhan

Editor              : Ismail

125 total views, 1 views today

author

Author: 

Leave a Reply