Kwarda Pramuka Gorontalo Gelar Orientasi Kepemimpinan Kader

Ketua Kwarda Pramuka Provinsi Gorontalo foto bersama dengan ratusan kader Pramuka di Kabupaten Gorontalo, Kamis (8/3). Kegiatan ini dalam rangka Orientasi Kepemimpinan Kader yang diprakarsai oleh Saka Bahari Laksamana Malahayati bekerjsama dengan SMA Negeri II Limboto. (Foto: Burhan-Humas)

 

Untuk membekali para kader pramuka tentang ilmu kepemimpinan, Kwartir Daerah (Kwarda) Pramuka Provinsi Gorontalo menggelar Orientasi Kepemimpinan Kader yang berlangsung di Alula SMA Negeri II Limboto, Kabupaten Gorontalo, Kamis (8/3).

Orientasi yang diprakarsai oleh Satuan Karya Bahari Laksamana Malahayati ini diikuti oleh delapan Gugus Depan (Gudep) dari perwakilan siswa kelas X dan XI SMA di Kabupaten Gorontalo. dari Selain itu, orientasi kader juga melibatkan tiga Satuan Karya (Saka).

Baca Juga :  Pengentasan Kemiskinan Harus Dengan Data Akurat dan Fokus

Ketua Kwarda Provinsi Gorontalo Idah Syahidah menjelaskan, Pramuka tidak saja sebagai gerakan yang mampu melahirkan kader pemimpin yang tangguh, kreatif dan berdaya saing. Lebih daripada itu, kader Pramuka dibekali tentang prinsip prinsip hidup sebagaimana tertulis dalam Tri Satya dan Dasa Dharma Pramuka.

“Dalam kepramukaan kaum muda tidak hanya cerdas dan menguasai ilmu pengetahuan, akan tetapi kaum muda dilatih dan didik menjadi pemimpin yang tangguh kepribadiannya dan luhur budi pekertinya. Pramuka juga hadir untuk menjaga kerukunan, persatuan dan kesatuan Indonesia,” terang Idah memberi motivasi.

Pada kesempatan tersebut, istri Gubernur Gorontalo Rusli Habibie itu mengapresiasi apa yang sudah dicapai oleh Saka Bahari Laksamana Malahayati dalam membentuk karaktek kader. Selain kegiatan bahari, Saka ini juga telah membentuk Kelompok Usaha Pramuka Bahari (KUPB), melaksanakan program Tabungan Beras bagi anggota serta mendirikan perpustakaan Saka Bahari yang berlokasi di Kabupaten Gorontalo.

Baca Juga :  Gorontalo Tuan Rumah Liga Santri Nusantara Sulawesi I

Burhan/Isam/Humas

447 total views, 6 views today

author

Author: