Kwarda Gorontalo Gelar Apel Besar Hari Pramuka ke-57

Wagub Gorontalo H. Idris Rahim (kiri) selaku Waka Mabida Pramuka, menyematkan Lencana Karya Bakti kepada Ketua Kwarda Pramuka Gorontalo, Idah Syahidah, pada apel besar Hari Pramuka ke-57 tingkat Provinsi Gorontalo di lapangan Likada, Kab. Bone Bolango, Jumat (14/9). (Foto : Haris – Humas)

KAB. BONE BOLANGO, Humas – Memperingati Hari Pramuka ke-57 tahun 2018 tingkat Provinsi Gorontalo, Kwartir Daerah (Kwarda) Gerakan Pramuka Gorontalo menggelar apel besar di lapangan Likada, Kecamatan Kabila, Kabupaten Bone Bolango, Jumat (14/9/2018). Apel besar diikuti oleh ribuan anggota Pramuka se Provinsi Gorontalo dan turut dihadiri oleh pengurus Majelis Pembimbing Daerah (Mabida) dan cabang, pengurus Kwarda dan cabang, pimpinan Saka Daerah dan cabang, pembina Gugus Depan, serta pelatih dan instruktur Gerakan Pramuka.

Baca Juga :  Porprov ke-9 Berakhir, Kota Gorontalo Juara Umum

“Diusianya yang ke-57, Gerakan Pramuka telah menunjukkan kiprahnya sebagai garda terdepan perekat persatuan dan kesatuan bangsa melalui pendidikan Kepramukaan yang berdasarkan pada Satya dan Dharma Pramuka yang menjadi pedoman bersikap dan berperilaku bagi setiap hati setiap insan Pramuka,” ucap Wakil Gubernur Gorontalo H. Idris Rahim selaku Wakil Ketua (Waka) Mabida Gerakan Pramuka Gorontalo yang bertindak sebagai inspektur pada apel besar tersebut.

Waka Mabida Gerakan Pramuka Gorontalo mengutarakan, Gerakan Pramuka merupakan rumah besar bagi generasi penerus bangsa yang tetap konsisten dan fokus dalam mendidik dan membentuk karakter kaum muda Indonesia untuk bersatu menjaga persatuan dan kesatuan demi utuhnya Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Baca Juga :  Sekdaprov Gelar Buka Puasa, Perkuat Silaturahim Pemerintah dan Akademisi 

“Oleh karena itu, Gerakan Pramuka harus terus melakukan pembinaan, meningkatkan kreativitas, inovasi, dan selalu mengedepankan gotong royong, dalam rangka membentuk karakter anggota Pramuka yang berkepribadian, beriman dan bertakwa, berakhlak mulia, dan memiliki kecakapan,” ujar Idris.

Hari Pramuka ke-57 tahun 2018 mengusung tema ‘Pramuka Perekat NKRI Melalui Karya Nyata’. Kwarda Gerakan Pramuka Gorontalo telah mengaktualisasikan tema tersebut melalui berbagai kegiatan, di antaranya melakukan ziarah dan tabur bunga di makam tokoh Pramuka Gorontalo, aksi Pramuka peduli Lombok, talkshow, hiburan rakyat, ulang janji, bakti sosial, dan berbagai kegiatan lainnya.

“Sejak bulan Agustus 2018, Kwarda Pramuka Gorontalo telah melaksanakan berbagai kegiatan untuk memperingati Hari Pramuka ke-57. Kegiatan tersebut kami fokuskan di Gugus Depan, Ranting, dan Kwarcab,” kata Ketua Kwarda Pramuka Gorontalo, Idah Syahidah, dalam laporannya pada kesempatan itu.

Baca Juga :  195 ASN Ikuti Pembekalan dan Uji Kompetensi Jabfung P2UPD

Diakhir apel besar, Waka Mabida Pramuka Gorontalo melepas pemberangkatan dua regu Pramuka Penggalang, masing-masing dari Gugus Depan SMP Bone Pantai Kwarcab Bone Bolango dan Gugus Depan MTs Negeri Gorontalo Kwarcab Kota Gorontalo, untuk mengikuti Kemah Budaya Nasional di Provinsi Sulawesi Tengah, 16 hingga 22 September 2018. Waka Mabida Gerakan Pramuka Gorontalo, Idris Rahim, juga melaunching logo baru Kwarda Gerakan Pramuka Gorontalo yang telah disesuaikan dengan kondisi dan kearifan lokal Gorontalo, serta menyematkan tanda penghargaan Pramuka kepada 11 pengurus dan pembina Pramuka.

Pewarta : Haris

386 total views, 1 views today

author

Author: