Kunker ke Tolinggula, Gubernur Bagi Bantuan 2,1 Milyar

Gubernur Gorontalo Rusli Habibie didampingi ketua TP. PKK provinsi Idah Syahida memberikan bantuan kepada masyarakat Desa Campaka Putih Kecamatan Tolinggula

GORUT – Gubernur Gorontalo Rusli Habibie bersama jajaran Pemprov Gorontalo melanjutkan kunjungan kerja ke kabupaten/kota. Kali ini giliran Kabupaten Gorontalo Utara (Gorut). Tidak tanggung tanggung lokasi yang menjadi tujuan kali ini yakni Desa Campaka Putih Kecamatan Tolinggula, Kamis (28/9).

Butuh waktu lebih kurang empat setengah jam bagi rombongan untuk bisa tiba di ujung desa Kabupaten Gorut itu. Ada 21 jembatan kayu yang sudah lapuk yang harus ditembus. Akses jalan ke lokasi juga belum di aspal sepenuhnya, di beberapa lokasi jalannya masih tanah. Saat itu hujan turun cukup lebat yang mengakibatkan beberapa mobil pejabat pemprov terpaksa tertahan di bawah.

Pada kesempatan tersebut, Rusli Habibie didampingi istrinya Idah Syahidah menyerahkan bantuan senilai 2,1 Milyar Rupiah. Diantaranya bantuan Keserasian Sosial untuk Desa Topi Kecamatan Biawu senilai 109 Juta Rupiah, Bahan bangunan untuk 4 KK korban kebakaran senilai 52 Juta, KUBE untuk 25 kelompok senilai 500 Juta, pembangunan laboratorium sekolah 670 Juta, pembangunan ruang praktek SMK 3 senilai 465 Juta dan bantuan Baznas senilai 75 Juta untuk 1000 orang.

“Untuk sampai ke sini tidak mudah, kami harus melewati medan yang sulit. Tapi saya tetap menaruh perhatian bagi warga desa Cempaka Putih dan umumnya masyarakat di Tolinggula, terang Rusli.

Pada kesempatan tersebut, Rusli juga meminta kepada kepala desa untuk mendata dua orang yang akan diberi bantuan sepeda motor lengkap dengan kotak pendingin ikan. Ini dimaksudkan agar warga setempat bisa menikmati ikan laut segar yang dijual menggunakan bantuan tersebut.

“Tolong kepala desa dan pak camat data dua orang dari Desa Papualangi dan Cempaka Putih. Siapa yang mau jadi penjual ikan akan kami bantu dengan sepeda motor dan kotak pendingin. Saya bantu juga modal usaha sebesar Rp5 Juta,” imbuhnya.

Selain menyerahkan bantuan, Rusli Habibie juga mengunjungi pekerjaan jalan dan jembatan di Tolinggula. Sebelumnya ia juga meninjau Sistim Pengelolaan Air Minum (SPAM) di Kecamatan Biawu. SPAM dengan kapasitas 20 Ribu liter/detik itu mampu melayani 1400 sambungan baru atau 7000 jiwa.

Pewarta/editor : Ismail

Foto                    : Salman

131 total views, 1 views today

author

Author: 

Leave a Reply