Kunker ke Gorontalo, Mentan SYL Disambut Adat Mopotilolo

0
322
Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (SYL) saat diterima secara adat Mopotilolo oleh pemangku adat untuk kunjungan perdananya di Gorontalo. Prosesi adat ini berlangsung di Vip lama Bandar Udara Jalaluddin Gorontalo, Rabu, (05/2/2020). (foto: Salman)

KABUPATEN GORONTALO, Humas – Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (SYL) diterima secara adat Mopotilolo saat berkunjung ke Provinsi Gorontalo, Rabu, (05/2/2020). Ini merupakan kunjungan perdananya ke Gorontalo usai dilantik Presiden Jokowi, Oktober 2019 lalu.

SYL dan rombongan tiba di Bandara Djalaluddin sekitar pukul 13.05 Wita. Ia disambut oleh Wakil Gubernur Idris Rahim dipintu kedatangan bandara Djalaluddin dengan pengalungan bunga oleh Nou dan Uti Gorontalo.

Seluruh rombongan kemudian dibawa dengan mobil menuju bandara lama untuk mengikuti rangkaian prosesi adat. Sudah menunggu di Bandara lama Gubernur Gorontalo Rusli Habibie, Wali Kota Gorontalo Marten Taha, Bupati Gorontalo Nelson Pomalingo dan Bupati Gorontalo Utara Indra Yasin.

Mopotilolo merupakan upacara penyambutan bagi pejabat negeri yang baru pertama kalinya menginjakkan kaki di Gorontalo. Prosesi adat diawali dengan upacara penyambutan di pintu gerbang dengan tarian Langga dari sejumlah tulai bala atau pasukan pengamanan adat.

Selanjutnya pemangku adat memberikan pesan pesan adat (tujai) dalam bahasa Gorontalo. Jamuan kue tradisional dan teh manis disuguhkan kepada panglima dan rombongan. Doa menjadi penutup prosesi adat sekaligus sebagai penanda bahwa panglima telah resmi diterima menginjakkan kaki di bumi Serambi Madinah.

Mentan SYL rencananya akan menghadiri sejumlah agenda yakni melepas ekspor produk pertanian, meninjau brigade dan video confrence Kontratani yang kesemuanya di gelar di Kecamatan Tibawa, Kabupaten Gorontalo. Sorenya Mentan akan memberikan kuliah umum di Universitas Negeri Gorontalo dan diakhiri jamuan makan malam di Rumah Jabatan Gubernur.

Artikel Terkait  Gubernur Gorontalo Salat Idul Adha di Rumah Jabatan

Pewarta: Isam

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini