Kunjungan Wisatawan ke Gorontalo Meningkat

Parade Ratu Tolangohula pada karnaval budaya pesona danau Limboto 2017

GORONTALO – Jumlah kunjungan wisatawan ke Provinsi Gorontalo, baik wisatawan nusantara (wisnus) maupun wisatawan mancanegara (wisman), dari tahun ke tahun mengalami peningkatan. Hal ini diungkapkan oleh Kepala Biro Hukum dan Komunikasi Publik Kementerian Pariwisata, Iqbal Alamsjah, pada pembukaan festival pesona danau Limboto di desa Pentadio Barat, Kabupaten Gorontalo, Kamis (21/9).

Iqbal memaparkan, berdasarkan data Kementerian Pariwisata, jumlah kunjungan wisnus ke Gorontalo pada tahun 2011 sebanyak sebanyak 56.261 orang dan wisman 56.300 orang, total kunjungan 111.561 wisatawan. Jumlah ini meningkat dimana data tahun 2016 menunjukkan total wisatawan ke Gorontalo mencapai 231 ribu orang.

“Angkanya naik terus, baik kunjungan wisnus maupun wisman. Khusus pada festival Danau Limboto ini kami menargetkan jumlah kunjungan wisatawan sebanyak 25 ribu orang,” kata Iqbal.

Untuk terus meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan ke berbagai destinasi wisata yang ada di Provinsi Gorontalo, Dirjen Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kemendagri, Zudan Arif Fakrullah mengatakan, perlunya peran serta seluruh masyarakat Gorontalo. Menurutnya, kecanggihan teknologi informasi saat ini harus bisa dimanfaatkan masyarakat untuk mempromosikan destinasi wisata Gorontalo melalui media sosial.

“Posting dan share foto keindahan semua destinasi wisata Gorontalo lewat media sosial. Jutaan orang akan melihat foto itu, dan akhirnya akan tertarik berkunjung ke Gorontalo,” ujar Zudan.

Sementara itu Wagub Gorontalo Idris Rahim mengungkapkan strategi menarik kunjungan wisatawan ke Gorontalo dengan melakukan konektivitas antar destinasi wisata, baik yang ada di Gorontalo maupun di kawasan Sulawesi, seperti Bunaken di Sulawesi Utara dan Kadidiri di Sulawesi Tengah.

“Kita harus membuat satu paket wisata terpadu, sehingga jumlah kunjungan wisatawan akan terus meningkat dan waktu stay mereka lebih lama,” tandasnya.

Pewarta/Editor : Haris
Foto : Haris

227 total views, 5 views today

author

Author: 

Leave a Reply