Kunci sukses, yaitu koordinasi dan silaturrahim

Gorontalo – Keberhasilan Pemerintah Provinsi Gorontalo dan Kabupaten/Kota se Provinsi Gorontalo dalam meraih opini WTP, tak lepas dari peran BPKP Provinsi Gorontalo yang mampu melaksanakan tugasnya dengan baik dalam membina dan mengawasi pengelolaan keuangan daerah yang lebih efektif, efisien, transparan, dan akuntabel. Hal ini disampaikan Wakil Gubernur Gorontalo Dr. Drs. H. Idris Rahim, MM., dalam arahannya saat melantik Kepala BPKP Provinsi Gorontalo, Tri Handoyo, yang menggantikan pejabat lama, Iwan Taufiq Purwanto, yang digelar di aula BPKP Provinsi Gorontalo, Jumat (16/9).

“BPKP memiliki peran yang sangat strategis dalam menciptakan pemerintahan yang baik atau good governance, dan juga pemerintahan yang bersih atau clean goverment. Sehingga itu tour of duty ataupun tour of area, yakni mutasi dan rotasi dalam organisasi BPKP, merupakan suatu keniscayaan yang harus dilakukan untuk memenuhi tuntutan kebutuhan organisasi BPKP dalam upaya untuk mewujudkan pemerintahan yang baik dan bersih,” kata Idris.

Lanjut kata Idris, BPKP Provinsi Gorontalo selaku pengawas internal pemerintah, telah banyak melakukan koordinasi dan membantu pemerintah daerah dalam mewujudkan pengelolaan keuangan daerah yang berbasis akrual, melalui kegiatan pendidikan dan pelatihan bagi aparatur pengelola keuangan baik provinsi maupun kabupaten/kota.

Selain itu, BPKP juga berperan dalam melakukan monitoring dan pembinaan terhadap pelaksanaan proyek-proyek pembangunan, serta membina para kepala desa untuk mengelola dana desa sebaik-baiknya, sehingga lebih berdaya guna dan berhasil guna demi kemandirian dan kesejahteraan masyarakat desa. “Ini merupakan keberhasilan BPKP Provinsi Gorontalo dibawah kepemimpinan Iwan Taufiq Purwanto bersama jajarannya. Hampir-hampir tidak permasalahan selama kepemimpinan pak Iwan,” ujar Wagub.

Keberhasilan yang telah diraih pejabat yang lama, diharapkan oleh Wagub Idris Rahim, dapat dilanjutkan dan dimantapkan oleh pejabat yang baru. Kepada Kepala BPKP Provinsi Gorontalo yang baru dilantik, Idris berpesan untuk senantiasa membangun koordinasi dan silaturrahim dengan seluruh instansi pemerintah baik provinsi, kabupaten/kota, dan instansi vertikal lainnya.

“Kunci sukses melaksanakan tugas di Gorontalo itu hanya ada dua, yaitu koordinasi dan silaturrahim. Saya optimis, jika keduanya dilakukan dengan baik oleh pak Tri Handoyo, pasti tugasnya akan berjalan lancar dan sukses,” pungkas Wagub Idris Rahim.

Hadir pada upacara pelantikan tersebut Deputi Kepala BPKP Bidang Pengawasan Instansi Pemerintah Bidang Perekonomian dan Kemaritiman, Walikota dan Bupati se Provinsi Gorontalo, serta unsur Forkopimda dan pimpinan SKPD Provinsi Gorontalo.

259 total views, 1 views today

author

Author: 

Leave a Reply