Kumperindag – Kemendag RI Sosialisasi Pemanfaatan Akses Pasar oleh Pelaku Usaha

Kepala Dinas Kumperindag Provinsi Gorontalo M. Nadjamuddin (berdiri), memberikan sambutan dalam kegiatan sosialisasi pemanfaatan akses pasar oleh pelaku usaha, di hotel Maqna Kota Gorontalo, Senin (29/10/2018). (Foto : istimewa)

Kota Gorontalo, Humas –  Dinas Kumperindag Provinsi Gorontalo bekerjasama dengan Direktorat Jenderal Perundingan Perdagangan Luar Negeri (PPI) Kementerian Pedagangan RI melaksanakan sosialisasi pemanfaatan akses pasar oleh pelaku usaha, di hotel Maqna Kota Gorontalo, Senin (29/10/2018).

Kepala Dinas Kumperindag Provinsi Gorontalo M. Nadjamudin mengatakan, sejalan dengan arah kebijakan pemerintah pusat di sektor perdagangan, pemerintah  Provinsi Gorontalo menetapkan rencana kerja pemerintah daerah yakni peningkatan pencapaian sasaran pertumbuhan dalam upaya perluasan pertumbuhan ekonomi dan peningkatan kesejahteraan rakyat.

Baca Juga :  BNN Provinsi Gorontalo Gelar Peringatan HANI 2017

“ Pemerintah akan terus memperhatikan langkah-langkah dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat seperti kerja sama pasar ekspor dalam meningkatkan pendapatan masyarakat, konektivitas antar stakeholder dalam meningkatkan kuantitas ekspor, serta memperluas akses pasar internasional,”  jelas Nadjamudin.

Nadjamudin mengemukakan sosialisasi ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan pemahaman pemangku kepentingan khususnya para pelaku usaha/ UKM dalam rangka pemanfaatan akses pasar. Selain itu sosialisasi ini diharapkan bisa menciptakan opini publik yang proporsional yang diharapkan dapat memacu masyarakat, untuk mendukung upaya pemerintah meningkatkan daya saing yang pada akhirnya meningkatkan perekonomian dan kesejahteraan masyarakat.

Sementara itu ketua panitia kegiatan, Zakiya Moh. Baserewan menjelaskan, sosialisasi ini di harapkan mampu membuat para pelaku usaha dapat memahami bahwa ekspor bukanlah hal yang sulit. Menurutnya, pemerintah telah membuka akses perdagangan internasional dan memberikan fasilitas dan kemudahan baik dalam kemudahan pengurusan dokumen ekspor, pembiayaan, serta penerbitan surat keterangan asal (SKA).

Baca Juga :  Caleg Perempuan Dibekali Pendidikan Politik

Dalam sesi sosialisasi disampaikan peluang-peluang pasar internasional, sehingga pelaku usaha tinggal memilih negara tujuan sesuai produk yang dimiliki masing-masing.

Sosialisasi yang diikuti oleh 100 peserta yang terdiri dari pelaku usaha, eksportir, ukm, stakeholder terkait serta akademis ini dibuka oleh Kepala Dinas Kumperindag Provinsi Gorontalo, M. Nadjamudin dan dihadiri oleh Sekretaris Dirjen Perundingan Perdagangan Internasional yang diwakili oleh Mohamad Jajuli, Kepala Bagian Kepegawaian dan Umum Dirjen  Perundingan Perdagangan Internasional, serta narasumber yang berasal tenaga ahli free trade agreement (fta) makassar.

Pewarta : Asriani

241 total views, 1 views today

author

Author: