KPPI Diharapkan Berkontribusi Dalam Mengoptimalkan Peran Perempuan

0
239

Gorontalo – Pelaksana harian (Plh) Sekretaris Daerah Provinsi Gorontalo Weni Liputo mengapresiasi dibentuknya Dewan Pengurus Daerah (DPD) Kaukus Perempuan Politik Indonesia (KPPI) Provinsi Gorontalo periode 2018-2022.

“Atas nama pemerintah juga dalam hal ini mewakili bapak gubernur mengucapkan terima kasih dan sangat mengapresiasi di bentuknya KPPI Gorontalo ini. Mengapa? Karena perempuan yang kadang-kadang dalam segmen-segmen tertentu menjadi sangat menarik, tapi pada tataran implementasi yang berkaitan dengan keberadaan eksistensinya perempuan sering di abaikan. Padahal kalau sering kita lihat dari segi kuantitatifnya, kurang lebih 50-60 persen jumlah penduduk yang ada di Gorontalo itu adalah perempuan,” kata Weni saat membuka pelatikan kepengurusan KPPI Provinsi Gorontalo periode 2018-2022, di Ruang Rapat Kantor DPRD Provinsi Gorontalo, Sabtu (14/4).

Menurutnya keterwakilan perempuan ini masih sangat kecil secara konstitusi maupun dari segi kuantitatif dan ini menjadi persoalan dan kita harus benahi apa yang menjadi persoalannya.

Weni berharap terbentuknya KPPI ini memberikan kontribusi dalam mengoptimalkan peran perempuan.

“Saya harap KPPI bukan hanya mendorong bagaimana menjadi anggota DPR RI dan DPD RI, tapi bagaimana memberikan kontribusi terhadap kebijakan pemerintahan yang memperhatikan keberadaan rakyat. Secara undang-undangpun masih sangat mengharapkan posisi dan peran perempuan harus dapat di optimalkan sesuai dengan komponen dan segmen yang terjadi dalam kepentingan rakyat,” pungkas Plh Sekda.

Sementara itu, Ketua Umum KPPI Pusat, Dwi Septiawati mengatakan, KPPI ini sebagai wadah perempuan politik lintas partai untuk misi melakukan edukasi representasi politik, advokasi dan sinergi berkontribusi. Sudah saatnya perempuan-perempuan Indonesia berpikir kritis apa yang kita berikan untuk daerah kita, untuk Gorontalo dan Indonesia.

Artikel Terkait  374 Unit Lampu PJU Terangi Jalur Kabila - Tulabolo

“Kehidupan politik sudah terlalu banyak hingar bingar isu, hoaks dan sebagainya sehingga organisasi KPPI Gorontalo dapat melahirkan perempuan-perempuan hebat yang sudah saatnya keluar dari situasi yang seperti itu dengan mengesampingkan ide-ide yang dapat menjatuhkan untuk kemajuan perempuan kedepan,” beber Dwi.

Ia mengatakan, kualitas inilah yang kita cari. Menjadi perempuan politik yang andal, memiliki skill, mampu menyerap aspirasi masyarakat, melakukan kontroling sebagai anggota DPRD.

“Perempuan-perempuan Gorontalo untuk beberapa tahun kedepan harus siap menjadi pemimpin yang tidak menghalalkan segala cara, mulailah dari hal yang kecil, dan lakukan yang kita tau dan kita bisa,” tandasnya.

Kepengurusan DPD KPPI Provinsi Gorontalo dilantik secara resmi oleh Ketua Umum KPPI Pusat yang disaksikan oleh Plh Sekda Provinsi Gorontalo, Ketua DPRD Provinsi Gorontalo, dan Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi Gorontalo.

Pewarta/foto : Nova
Editor : Asriani

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini