KPAP Gorontalo Finalisasi STRADA Penanggulangan HIV/Aids

Wagub Gorontalo H. Idris Rahim membuka rapat evaluasi dan finalisasi penyusunan Strada penanggulangan HIV/Aida Provinsi Gorontalo di hotel Grand Q Kota Gorontalo, Kamis (28/12)

GORONTALO – Komisi Penanggulangan Aids Provinsi (KPAP) Gorontalo menggelar rapat evaluasi dan finalisasi penyusunan Strategi Rencana Aksi Daerah (Strada) penganggulangan HIV/Aids tahun 2018-2022. Kegiatan yang berlangsung di hotel Grand Q Kota Gorontalo, Kamis (28/12), dibuka langsung oleh Wakil Gubernur Gorontalo H. Idris Rahim yang juga selaku Ketua Pelaksana KPAP Gorontalo.

Dalam sambutannya Idris menegaskan, finalisasi Strada sangat penting sebagai upaya untuk meningkatkan pencegahan dan penanggulangan HIV/Aids di Provinsi Gorontalo yang lebih efektif dan efisien sesuai dengan kondisi saat ini.

Baca Juga :  Wagub Ajak Masyarakat Membumikan Nilai Pancasila

“Penyusunan Strada ini adalah tuntutan kebutuhan dan keharusan bagi kita dalam upaya menanggulangi HIV/Aids di Provinsi Gorontalo,” tegas Idris.

KPAP sebagai lembaga non struktural yang memiliki tugas dan fungsi koordinasi, fasilitasi, dan advolasi dalam upaya pencegahan dan penanggulangan HIV/Aids. Oleh karena itu dalam penyusunan Strada harus melibatkan seluruh lembaga terkait dan berbagai elemen masyarakat.

“Kita tahu bersama bahwa persoalan HIV/Aids di Provinsi Gorontalo sudah sangat membahyakan utamanya bagi generasi muda. Jumlahnya saat ini sudah mencapai 363 kasus, sehingga itu strategi pencegahan dan penanggulangannya harus lebih komprehensif,” papar Wagub.

Idris berharap penyusunan Strada mampu menjawab tuntutan lingkungan sekaligus sebagai pedoman kebijakan penanggulangan HIV/Aids di Provinsi Gorontalo. Melalui Strada tersebut diharapkan program dan kegiatan pencegahan dan penanggulangan HIV/Aids lebih terkoordinasi, berkesinambungan, dan terarah.

Baca Juga :  Pemprov Gorontalo Siap Bagi 1000 Sapi dan Mahyani

“Kita sudah memiliki Perda Nomor 5 Tahun 2014 tentang KPAP, kita juga sudah gencar melakukan sosialisasi. Saat ini yang kita butuhkan seluruh program kegiatan penanggulangan HIV/Aids harus lebih terkoordinasi, sehingga generasi kita bebas dari HIV/Aids,” pungkas Idris.

Rapat evaluasi dan finalisasi penyusunan Strada diikuti oleh peserta utusan dari Dinas Kesehatan dan KPA kabupaten/kota. Narasumber pada kegiatan tersebut dari unsur KPA nasional dan tim Asistensi KPAP Gorontalo.

Pewarta/Editor : Haris
Foto : Haris

361 total views, 2 views today

author

Author: