KPAP Gandeng SKPD Atasi Peningkatan Jumlah Pengidap HIV/Aids

Wagub Gorontalo H. Idris Rahim selaku Ketua Pelaksana KPA Provinsi Gorontalo, memimpin rakor lintas SKPD

GORONTALO – Komisi Penanggulangan Aids (KPA) Provinsi Gorontalo menggelar rapat koordinasi yang menghadirkan seluruh SKPD Provinsi Gorontalo, instansi vertikal, organisasi keagamaan, kemasyarakatan dan kepemudaan. Rakor berlangsung di di ruang Huyula kantor Gubernur Gorontalo, Senin (10/7), dan dipimpin langsung oleh Wakil Gubernur Gorontalo H. Idris Rahim, selaku Ketua Pelaksana KPA Provinsi Gorontalo.

Idris mengungkapkan, jumlah kasus HIV Aids di Provinsi Gorontalo terus bertambah dari tahun ke tahun. Pada tahun 2016, jumlah kasus HIV Aids sebanyak 185 kasus. Data KPA Provinsi menunjukkan, terjadi peningkatan yang jumlah kasus dimana sampai dengan Maret 2017, jumlahnya mencapai 260 kasus, dengan rincian 100 kasus HIV dan 160 kasus Aids.

“Peningkatan jumlah kasusnya sudah sangat mengkhawatirkan. Perlu penanganan serius dari seluruh komponen masyarakat dan pemerintah,” ujar Idris.

Apalagi lanjut Idris, kasus HIV Aids ini seperti fenomena gunung es, dimana yang nampak di permukaan sesungguhnya sangat kecil dibanding dengan yang tidak nampak.

“Angka ini kita yakini masih jauh dari kondisi ril, karena masih banyak masyarakat yang tidak mau ataupun malu untuk melaporkan saudara atau keluarganya yang terjangkiti HIV Aids,” lanjutnya.

Mengantisipasi kondisi tersebut, KPA Provinsi Gorontalo melakukan integritas kegiatan lintas SKPD. Seluruh SKPD diharapkan dapat menyusun program kegiatan penanggulangan HIV Aids di Provinsi Gorontalo, sesuai dengan tugas dan fungsi masing-masing SKPD. Misalnya untuk Dinas Pariwisata, integritas kegiatan dapat dilaksanakan melalui penyusunan MoU pada semua pengelola tempat wisata untuk pemeriksaan tenaga yang dipekerjakan. Pada Dinas perhubungan, skrening dan sosialisasi pada pengemudi angkutan umum dan anak buah kapal. Demikian pula untuk SKPD lainnya.

“Koordinasi lintas SKPD sangat dibutuhkan untuk upaya terpadu penanggulangan HIV Aids di Provinsi Gorontalo,” kata Idris.

Pewarta/Editor : Haris
Foto : Haris

229 total views, 1 views today

author

Author: 

Leave a Reply