Korem 133/NWB Gelorakan Semangat Perjuangan Nani Wartabone

Gubernur Gorontalo Rusli Habibie (kemeja putih), didampingi KASAD Jenderal TNI Mulyono ((kanan), menggunting pita yang menandai diresmikannya Korem 133/Nani Wartabone di Desa Tridharma, Kecamatan Pulubala, Kabupaten Gorontalo, Kamis (13/9). (Foto : Salman – Humas)

KAB. GORONTALO, Humas – Kepala Staf TNI Angkatan Darat (KASAD), Jenderal TNI Mulyono, meresmikan Komando Resort Militer (Korem) 133/Nani Wartabone di Desa Tridharma, Kecamatan Pulubala, Kabupaten Gorontalo, Kamis (13/9/2018).

Dalam amanahnya pada upacara peresmian Korem 133/NWB, KASAD Jenderal TNI Mulyono menjelaskan bahwa penamaan Korem 133/NWB bertujuan untuk selalu menggelorakan semangat pantang menyerah, rela berkorban, patriotisme, serta nasionalisme yang diwariskan Nani Wartabone dalam mewujudkan Gorontalo yang maju, aman, dan sejahtera.

Baca Juga :  Tetapkan Awal Ramadan, Pemprov Gorontalo Gelar Adat Tenggeyamo

“Pemilihan nama Korem 133/NWB merupakan usulan dari bapak Gubernur. Nama tersebut dipilih sebagai wujud penghargaan TNI AD kepada Pahlawan Nasional dari Gorontalo, yaitu Nani Wartabone yang pada masanya dengan gagah berani memimpin rakyat Gorontalo mengusir penjajah Belanda dan memproklamirkan kemerdekaan Indonesia pada tahun 1942,” kata KASAD.

Terbentuknya Korem 133/NWB, lanjut KASAD, merupakan amanah rakyat Provinsi Gorontalo kepada TNI AD yang harus dijaga dengan sebaik-baiknya. Jenderal TNI Bintang Empat itu menuturkan, misi strategis yang diemban oleh TNI AD dalam hal ini komando kewilayahan adalah bersama-sama dengan seluruh instansi pemerintah daerah bersinergi melaksanakan pembangunan di segala bidang.

“Pemerintah dan TNI/Polri tidak bisa berjalan sendiri tanpa dukungan dan partisipasi seluruh masyarakat. Apabila kita bersatu dan berkontribusi dalam bidang masing-masing dalam membangun kampung halaman kita ini, saya yakin Gorontalo akan terus maju dan berkembang,” tuturnya.

Baca Juga :  Wagub : Tradisi Tumbilotohe Harus Terus Dilestarikan

Sementara itu Gubernur Gorontalo Rusli Habibie mengucapkan terima kasih kepada KASAD Jenderal TNI Mulyono dan seluruh jajaran TNI AD yang telah membangun dan meresmikan Korem 133/NWB. Gubernur Gorontalo dua periode ini berharap hadirnya Korem 133/NWB semakin meningkatkan sinergitas antara Pemprov Gorontalo dengan TNI yang telah terbangun selama ini.

Foto bersama KASAD Jenderal TNI Mulyono (keempat kanan), Gubernur Gorontalo Rusli Habibie (keempat kiri), dengan pimpinan Forkopimda Provinsi Gorontalo usai upacara peresmian Korem 133/Nani Wartabone. (Foto : Salman – Humas)

“Hadirnya Korem ini sangat diharapkan rakyat Gorontalo, komitmen TNI tidak perlu kita ragukan lagi. Selama ini kita sudah bersinergi dengan TNI dalam berbagai program pembangunan. Kita membangun pertanian dengan TNI, membangun mahyani, hingga penghijauan hulu Danau Limboto,” ujar Rusli.

Baca Juga :  BPKP Gorontalo Puji Komitmen Gubernur Terhadap Akuntabilitas Keuangan

Pembentukan Korem 133/NWB berdasarkan PERKASAD Nomor 6 Tahun 2018 tanggal 26 Februari 2018. Korem 133/NWB membawahi dua Kodim yaitu Kodim 1304 Gorontalo yang dialihkan dari Korem 131/Santiago dan pembentukan Kodim baru yakni Kodim 1313 Pohuwato, serta Batalyon Infanteri 713/Satyatama yang sebelumnya berada di bawah Brigif 22/Ota Manasa.

Sebagai bentuk kemanunggalan TNI dengan rakyat, pada peresmian Korem 133/NWB juga digelar bakti sosial berupa khitanan massal, donor darah, pelayanan kesehatan gratis, pemberian makanan tambahan bagi balita, penyaluran Baznas kepada 1.500 masyarakat miskin, serta kegiatan pasar murah.

Pewarta : Haris

1,017 total views, 1 views today

author

Author: