Komunikasi Kunci Keharmonisan dalam Rumah Tangga

Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi Gorontalo Idah Syahidah memberikan materi pada Pelatihan Pendidikan Keluarga yang digelar oleh Dinas Dikbudpora Provinsi, Kamis (8/3). Kegiatan tersebut diikuti oleh 60 orang guru PAUD dan SD dari Kabupaten/Kota. (Foto: Burhan-Humas)

 

Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi Gorontalo Idah Syahidah menilai bahwa komunikasi yang baik adalah kunci keharmonisan dalam rumah tangga. Ketika komunikasi dalam keluarga tidak terjalin dengan baik maka peluang terjadinya kesalahpahaman akan terbuka.

Pelatihan Pendidikan Keluarga digelar oleh Dinas Dikbudpora Provinsi Gorontalo. Acara menghadirkan 60 orang guru PAUD dan SD dari kabupaten/kota.

“Kesalahpahaman biasanya muncul dari komunikasi yang tidak berjalan baik. Antara suami dan istri saling curiga, saling berfikir negatif yang berujung pada pertikaian,” terang Idah saat memberikan materi pada Pelatihan Pendidikan Keluarga bertempat di Aula Balai Pelatihan dan Pendidikan Masyarakat, Kamis (8/3).

Baca Juga :  Investor Jepang Bangun Pabrik Kakao di Gorontalo

Komunikasi juga penting untuk anak-anak di rumah. Menegur anak dengan nada suara tinggi menurutnya bukan cara yang tepat dalam mendidik anak.

“Ketika memberi nasehat jangan menggurui anak-anak tapi kita beri mereka bimbingan sehingga anak-anak merasa nyaman saat mendengarkan apa yang kita utarakan,” imbuh istri Gubernur Gorontalo Rusli Habibie itu.

Idah berharap kepada orang tua tetap menjalin komunikasi dengan anak meski didera berbagai kesibukan pekerjaan. Orang tua juga diminta menjadi pendengar yang baik, musyawarah dalam keluarga dan makan malam bersama merupakan beberapa cara yang efektif untuk membina komunikasi dalam keluarga.

Burhan/Isam/humasgorontaloprov

189 total views, 1 views today

author

Author: