Kodam XIII Seleksi Calon Tamtama, Gubernur Lobi Jatah Gorontalo

Gubernur Gorontalo Rusli Habibie (kemeja putih) didampingi Danrem 133/Nani Wartabone Kolonel Czi Arnold AP Ritiauw (kiri) saat berkunjung ke Makorem awal Januari 2019 lalu. (Foto: dok. humas).

KOTA GORONTALO, Humas – Penerimaan Calon Tamtama (Catam) TNI Angkatan Darat (AD) untuk gelombang I tahun 2019 telah dimulai. Komando Daerah Militer (Kodam) XIII/Merdeka siap untuk melakukan seleksi penerimaan catam sebanyak 300 orang meliputi daerah asal Sulawesi Utara, Sulawesi Tengah dan Gorontalo.

Terkait dengan hal tersebut, Gubernur Gorontalo Rusli Habibie berupaya untuk melobi pimpinan TNI AD untuk memberikan perhatian khusus pada Gorontalo. Ia berharap sepertiga dari jatah tersebut dapat dialokasikan untuk Provinsi Gorontalo.

Baca Juga :  Inflasi di Gorontalo Juni 0,30%, Terbesar Disumbang Komoditas Barito

“Saya mengucapkan terimakasih kepada Pak Pangdam dan Danrem yang tahun ini sudah melakukan seleksi calon tamtama. Di bawah Kodam XIII/Merdeka itu ada Sulawesi Utara, Gorontalo dan Sulawesi Tengah, nah pak gubernur berusaha berjuang agar ada 100 orang putra Gorontalo bisa diterima,” jelas Rusli Habibie, Rabu (27/3/2019).

Jatah putra Gorontalo ini, lanjut kata Rusli sangat penting. Selain memberi kesempatan pada putra daerah untuk berkarir di militer, Provinsi Gorontalo juga sudah memiliki satuan Korem baru yakni Korem 133/Nani Wartabone dan Kodim 1313/Pohuwato.

“Adanya dua satuan TNI AD yang baru tersebut membuka peluang bagi putra daerah untuk berkarir di militer. Sebelum ini kan jatah untuk Gorontalo sangat minim,” imbuhnya.

Baca Juga :  Wagub Gorontalo Ziarahi Makam Pendiri Alkhairaat

Dikutip dari laman http://korem133.kodam13-tniad.mil.id, tanggal 27 Maret 2019 ini menjadi seleksi terakhir untuk dikirim ke Kodam XIII/Merdeka di Manado. Dari 118 peserta seleksi akan diutus 101 orang.

“Perlu diketahui bahwasanya para calon Tamtama Prajurit Karir gelombang 1 tahun 2019 untuk wilayah Korem 133/Nani Wartabone yang nantinya akan mengikuti pendidikan sebanyak 50 orang yang cukup jauh bila dibandingkan pada tahun 2018 yang saat masih melaksanakan seleksi di Manado dimana utusan Provinsi Gorontalo hanya bisa mengirimkan 4 calon prajurit yang masuk pada lembaga pendidikan Rindam XIII/Merdeka,” demikian pernyataan dalam laman tersebut.

Diagendakan Gubernur Rusli akan bertemu dengan KASAD Jenderal TNI Andika Perkasa Kamis besok. Salah satu agendanya untuk memperjuangkan pembangunan Sekolah Calon Bintara TNI di Provinsi Gorontalo. Lahan seluas 25ha sudah disiapkan oleh Pemda Pohuwato untuk rencana tersebut.

Baca Juga :  "Lensa Humas Sepekan Edisi Minggu, 12 Mei 2019"

Pewarta: Isam

643 total views, 3 views today

Berita Terkait

Gubernur Gorontalo Jadi Irup HUT TNI ke-73 Gubernur Gorontalo Rusli Habibie menaiki mobil komando dan memeriksa pasukan saat bertindak sebagai Inspektur Upacara pada peringatan HUT TNI ke-73 y...
Prajurit Korem Masih Ngontrak, Gubernur Siapkan Hi... Gubernur Gorontalo Rusli Habibie (tengah) didampingi Sekda Darda Daraba (kanan) saat bersilaturahmi awal tahun dengan Danrem 133/Nani Wartabone Kolon...
Bekerjasama dengan TNI, Pembangunan Jembatan Mekar... Gubernur Gorontalo Rusli Habibie meletakkan batu pertama pembangunan kembali jembatan Mekar Jaya, di Desa Mekar Jaya, Kecamatan Wonosari Kabupaten Bo...
Kasad TNI Bakal Resmikan Korem 133/Nani Wartabone Penjabat Sekdaprov Gorontalo Anis Naki (tengah, kemeja biru) saat memimpin rapat persiapan kedatangan Kasad TNI Jenderal Mulyono ke Gorontalo, Kamis ...
Tags: