KKIG Makassar Gagas Rumah Promosi Potensi Gorontalo

Penjabat Sekretaris Daerah Anis Naki (tengah) saat menghadiri diskusi tengah tahun yang berlangsung di Makassar, Senin (14/5/2018). Acara yang diprakarsai oleh Badan Penghubung dan KKIG Makassar itu melahirkan rekomendasi untuk pembentuk rumah promosi, etalase dagang dan pariwisata Gorontalo di luar daerah. (Foto: Badan Penghubung).

MAKASSAR, Humas – Kerukunan Keluarga Indonesia Gorontalo (KKIG) Makassar menggagas terbentuknya Rumah Promosi Potensi Gorontalo di Makassar. Rumah promosi berfungsi untuk mengembangkan pasar domestik produk daerah, memfasilitasi perdagangan Gorontalo-Makassar, mengoptimalkan warga KKIG untuk pemasaran produk khas Gorontalo, serta mendorong peningkatan kunjungan wisata ke Gorontalo.

Gagasan tersebut lahir dalam diskusi tengah tahun yang digelar Badan Penghung Pemprov Gorontalo bekerjasama dengan KKIG, Senin (14/5/2018). Sejumlah pejabat daerah turut hadir di antaranya Ketua DPRD Paris A. Jusuf, Penjabat Sekda Anis Naki, Kepala Badan Penghubung Arfan Serry Jusuf serta Plt. Kasubid Penghubung Makassar Agung Sugiarto.

Baca Juga :  461 Napi Gorontalo Terima Remisi 17 Agustus

“Perlu adanya kesepakatan bersama antara pemprov dan yayasan KKIG yang diwujudkan dalam bentuk panduan operasional pelaksanaan kegiatan. Badan Penghubung berfungsi untuk monitoring pada tahap awal pendirian rumah promosi ini,” kata Chairil Burhan, Ketua Partisipasi Pembangunan Daerah, KKIG Makassar.

Sementara itu, Ketua DPRD Paris A. Jusuf menyambut baik gagas ini. Menurutnya, perlu ada rumusan kesepakatan bersama tentang rumah promosi, etalase dagang dan pariwisata. Perlu juga untuk memperhatikan regulasi yg ada sehingga pemerintah melalui Bappeda dapat merespon dan direalisasikan tahun 2019 nanti.

Senada dengan ketua DPRD, Penjabat Sekda Anis Naki menilai gagasan tersebut layak untuk dipertimbangkan. Promosi potensi daerah menjadi bagian dari visi Gubernur Rusli Habibie dan Wakil Gubernur Idris Rahim untuk menjadikan Gorontalo maju, unggul dan sejahtera.

Baca Juga :  IRT Dapat Undian Rumah di Jalan Sehat NKRI

“Untuk optimalisasi delapan program unggulan daerah, butuh dukungan dari semua pihak. Salah satunya dengan menjadikan Gorontalo sebagai daerah maju dalam hal perdagangan, investasi dan pariwisata,” terang Anis.

Pewarta: Badan Penghubung

Editor: Isam

398 total views, 2 views today

author

Author: