Ketupat Terbanyak, Pemprov Gorontalo Catatkan Rekor Dunia

Triyono dari Muesum Rekor Dunia Indonesia, MURI (kiri) menyerahkan piagam kepada Wakil Gubernur Gorontalo Idris Rahim (kanan) didampingi Gubernur Gorontalo Rusli Habibie (tengah), Jumat (22/6/2018). Pemprov Gorontalo sukses membukukan rekor dunia sebagai penyedia ketupat terbanyak yakni 34.331 buah pada perayaan Lebaran Ketupat yang dipusatkan di Kelurahan Yosonegoro, Kecamatan Limboto Barat, Kabupaten Gorontalo. Rekor sebelumnya dipegang oleh Pemkot Jakarta Barat pada tahun 2012 dengan 30.000 ketupat. (Foto: Andika-Humas).

KABUPATEN GORONTALO, Humas – Pemerintah Provinsi Gorontalo sukses memecahkan rekor MURI (Museum Rekor Dunia Indonesia) sebagai penyedia ketupat terbanyak pada perayaan lebaran ketupat di Kelurahan Yosonegoro, Kecamatan Limboto Barat, Kabupaten Gorontalo, Jumat (22/6/2018).

Baca Juga :  Pisah Sambut Kabiro Humas Protokol Meriah

Triyono dan anggota tim MURI melakukan penghitungan jumlah ketupat yang disajikan mulai pukul 06.00 Wita. Ketupat dihitung secara rinci dengan menggunakan tangan. Ketupat yang masih berada di nampan diminta untuk dikeluarkan untuk dihitung.

Selanjutnya, pada pukul 10 pagi digelar penyerahan piagam dari MURI kepada Wakil Gubernur Idris Rahim didampingi Gubernur Gorontalo Rusli Habibie.

“Sebelumnya MURI pernah mencatat hal serupa (penyajian ketupat terbanyak) di Jakarta. Pada hari ini setelah kami verifikasi sejak pagi tadi, jumlah ketupat yang disediakan sebanyak 34.331 ketupat. Maka pada hari ini, kami mencatat kegiatan ini sebagai rekor MURI,” kata Triyono.

Tidak hanya rekor Indonesia, MURI juga mencatat penyajian ketupat tersebut sebagai rekor dunia yang baru. Rekor sebelumnya dicatat oleh Pemkot Jakarta Barat pada tahun 2012 dengan 30.000 ketupat.

Baca Juga :  Giliran Boalemo Dapat Santunan Ramadhan Dari Pemprov Gorontalo

“Jika sebelumnya panitia mengajukan sebagai rekor nasional, namun dewan MURI mencatatnya sebagai Rekor Dunia. Oleh karena itu, kami menyerahkan piagam bukan rekor Indonesia tapi sebagai rekor dunia,”. Lanjut Triyono.

Meski sukses membukukan rekor dunia, Gubernur Gorontalo Rusli Habibie mengaku tak puas dengan hasil tersebut. Pasalnya, pada rapat persiapan sebelumnya panitia yang dikoordinir oleh Dinas Pariwisata ditargetkan mampu menyajikan 40.400 buah ketupat.

“Makanya saya kurang puas dengan Kadis Pariwisata. Kemarin waktu kita rapat, mereka sampaikan bahwa jumlahnya lebih. Mungkin sebelum dihitung sudah ada yang makan sehingga berkurang,” kata Rusli Habibie.

Penyediaan 40.000 ketupat melibatkan ibu-ibu PKK di dua Kelurahan yakni Yosonegoro dan Padengo. Ketupat selanjutnya disebar di 40 stand makanan yang disediakan pemprov untuk disantap warga dan pengguna jalan yang hendak merayakan lebaran ketupat.

Baca Juga :  Bahas Pariwisata, Gubernur Gorontalo Kumpul Seluruh Kadispar

Tradisi lebaran ketupat di Gorontalo semakin meriah dengan pelaksanaan lomba pacuan kuda, karapan sapi dan kuda gerobak yang digelar di lapangan golf Yosonegoro. Lomba tersebut rencananya akan berlangsung hingga tanggal 24 Juni mendatang.

Pewarta: Isam

2,910 total views, 1 views today

author

Author: