Ketua TP. PKK Provinsi Gorontalo Buka Lomba Cipta Menu Berbasis Sumber Daya Lokal

GORONTALO – Pangan yang beragam, bergizi, seimbang dan aman merupakan makanan yang dibutuhkan untuk memenuhi kebutuhan tubuh dengan jumlah yang berimbang antara kelompok pangan berdasarkan cita rasa, daya cerna dan daya beli masyarakat serta aman untuk dikonsumsi.

Demikian sambutan Ketua TP. PKK Provinsi Gorontalo Idah Syahidah Rusli Habibie pada acara Lomba Cipta Menu Beragam, Bergizi, Seimbang Dan Aman Berbasis Sumber Daya Lokal di Bele Li Mbui Rabu (2/8).

Idah menjelaskan, potensi besar pangan lokal sumber karbohidrat non beras yang ada di sekeliling kita yang hampir tersedia di seluruh wilayah Provinsi Gorontalo baik yang terdapat di pekarangan, kebun maupun ladang namun keberadaannya masih dipandang sebelah mata sehingga kurang diberdayakan.

Provinsi Gorontalo jelas Idah, memiliki karakteristik dan kekayaan produk pangan yang sangat beragam baik itu  terbuat dari bahan pangan beras dan non beras. Yang menjadi tantangan saat ini adalah bagaimana melakukan diversifikasi makanan olahan yang berasal dari bahan pangan lokal non beras tetapi tetap mempertahankan nilai gizi yang seimbang karena untuk menuju hidup sehat, cerdas dan produktif setiap individu haruslah mengkonsumsi aneka ragam pangan secara seimbang.

“ Lomba menu B2SA ini saya harapkan tidak hanya ceremonial belaka namun dari hasil lomba ini dapat diaplikasikan secara permanen dan massal pada seluruh masyarakat sehingga dapat memberikan dampak positif terhadap peningkatan nilai tambah produk makanan, pendapatan rumah tangga dan juga lapangan kerja baru bagi masyarakat,”imbuh Idah.

Idah menambahkan, masyarakat dapat memanfaatkan lahan pekarangan untuk ditanam sebagai sumber bahan pangan lokal untuk memenuhi kebutuhan keluarga.

“ Mari kita manfaatkan pekarangan kita dengan menanam berbagai macam bahan pangan dan saya mengajak kepada seluruh peserta untuk mensosialisasikan penganekaragaman pangan kepada masyarakat sekitar dengan mengembangkan beragam kearifan lokal yang mengedepankan nilai gizi yang seimbang sesuai kebutuhan tubuh sehingga tercipta keluarga sehat cerdas, dinamis dan produktif,” jelas Idah.

Lomba yang diselenggarakan oleh Dinas Pangan Provinsi Gorontalo bekerjasama dengan TP. PKK Provinsi Gorontalo ini pemenangnya akan mewakili Provinsi Gorontalo ke tingkat nasional  yang akan diselenggarakan Oktober nanti di Kalimantan Barat dan berikut adalah hasil kejuaraannya Juara I Kabupaten Gorut Utara, Juara II Kabupaten Gorontalo, Juara III Kabupaten Pohuwato, Juara Harapan I Kota Gorontalo, Juara Harapan II Kabupaten Boalemo dan Juara Harapan III Kabupaten Bone Bolango.

Pewarta/foto :  Burhanuddin

Editor              :  Asriani

172 total views, 1 views today

author

Author: 

Leave a Reply