Ketua TP.PKK Gorontalo Berpartisipasi Pada Pelaksanaan Festival Apangi

 

Idah Syahidah saat memotong kue apangi yang berukuran raksasa pada pelaksanakan Festival Apangi 2018. Festival Apangi ini adalah inisiasi murni warga Dembe 1. Apangi adalah kue khas Gorontalo yang terbuat dari tepung beras dan di campuri Gula merah (Gula Jawa). Foto : Ecin)

KOTA GORONTALO, Humas – Sejak tahun 2016, masyarakat Gorontalo khususnya masyarakat yang ada di Kelurahan Dembe I, Kecamatan Kota Barat, Kota Gorontalo menggelar Festival Apangi. Festival yang dilaksanakan setiap 10 muharam atau yang dikenal dengan hari asyura ini, sudah berlangsung selama tiga tahun terakhir.

Untuk tahun ke tiga ini, Ketua TP.PKK Provinsi Gorontalo Idah Syahidah turut berpartisipasi dalam festival apangi ini. Tidak hanya hadir langsung, Idah juga menyiapkan kue khas gorontalo yang diseguhi dengan gula merah ini disalah satu rumah penduduk yang ada di Kelurahan Dembe 1 untuk dibagikan kepada masyarakat manapun yang turut hadir dalam festival tersebut

Baca Juga :  BPOM Gorontalo Bongkar Produksi Mie Mengandung Borax

“Allahmdulillah hari ini saya bisa berpartisipasi langsung dalam festival apangi ini. Tahun tahun kemarin saya tidak sempat hadir, jadi saya wujudkan hari ini. Meski macet dengan sangat padatnya kenderaan, banyaknya masyarakat yang hadir, saya senang melihat langsung jajanan khas orang Gorontalo ini, ” kata Idah saat singgah disalah satu rumah warga yang menjamunya dengan kue apangi, tadi malam, Rabu, (19/9/2018)

Idah juga mengungkapkan kebanggannya. Menurutunya ini merupakan hal yang sangat positive bukan hanya melihat kue apangi yang disajikan secara gratis, tetapi melihat kebersamaan dan gotong royong serta silaturahim masyarakat. Dimana masyarakat sudah mampu mengenal dan menghargai budaya Gorontalo

“Saya dengar juga sejarahnya festival ini hadir karena keinginan masyrakat Dembe ini sendiri. Masyarakat berinisiatif sendiri, membuat festival ini. Ini luar biasa, semua masyarakat yang hadir disajikan secara gratis. Ini seperti lebaran, ajang silahturahim kita semua,” tambahnya

Idah Syahidah juga turut berpartisipasi menyajikan kue apangi miliknya. Idah mengakui menitipkan kue apangi ini, disalah satu rumah masyrakat kelurahan Dembe 1 agar bisa dibagikan kepada masyarakat.  (Foto : Andika)

Festival Apangi ini adalah inisiasi murni warga Dembe 1. Apangi adalah kue khas Gorontalo yang terbuat dari tepung beras dan di campuri Gula merah (Gula Jawa).

Baca Juga :  Bagi Ikan Gratis di RTM Atinggola, Ketua TP.PKK Gorontalo Bernostalgia

Disamping menyajikan ribuan Apangi secara gratis, masyarakat yang hadir juga dipertontonkan sebuah karya asli warga Dembe I. Produk Kerajinan lokal khas Gorontalo seperti gantungan kunci Polopalo, Gelas, Asbak dan Tempat lampu berbahan bambu. Tak ketinggalan kerajinan Karawo kelompok Ibu-Ibu dan Upiya Karanji.

 

Pewarta : Echin

 

363 total views, 1 views today

author

Author: