Ketua Dekranasdaprov : Pangan Olahan Ikan Bernilai Jual Tinggi

GORONTALO – Ikan menjadi salah satu menu sehari hari yang selalu digemari oleh masyarakat Gorontalo. Ini menjadi peluang bagi pengusaha yang ingin mengambil celah bisnis di bidang ini.

Menurut Ketua Dekranasda Provinsi Gorontalo, Idah Syahidah Rusli Habibie saat membuka kegiatan  Bimtek Pengolahan Pangan Berbasis Ikan, Kamis (10/8) di Aula Kantor Camat Kabila Bone , Bone Bolango, Provinsi Gorontalo merupakan daerah yang memiliki hasil laut yang begitu banyak. Ini adalah salah satu daya tarik tersendiri yang dimiliki Gorontalo.

Ikan tak hanya menjadi konsumsi keseharian masyarakat Gorontalo, namun juga dapat digunakan sebagai bahan baku pengolahan ikan seperti fillet ikan, nuggets ikan,bakso ikan, kerupuk ikan dan lain sebagainya.

“ Ikan dapat diolah dalam bentuk apa saja terlebih di Provinsi Gorontalo banyak menghasilkan ikan dibanding dengan pulau Jawa dimana untuk mendapatkan ikan bisa dibilang agak sulit dan harganya pun mahal,”kata Idah.

Idah menjelaskan, pelaksanaan Bimtek pengolahan ikan di Kabupaten Bone Bolango ini bertujuan agar masyarakat di kabupaten ini khususnya di wilayah Kabila Bone dapat memanfaatkan ikan menjadi olahan pangan berbasis ikan yang bernilai jual tinggi dan juga untuk menambah pengetahuan bagi masyarakat bahwa ikan selain dapat dikonsumsi langsung juga dapat diolah menjadi bahan pangan.

“Kalau ibu-ibu mau berusaha dengan mengolah ikan ini, saya harap kualitas produk yang dihasilkan harus selalu dijaga bahkan lebih ditingkatkan, jangan mudah putus asa dan teruslah berinovasi terhadap produk olahan ikan,” kata Idah menyemangati para peserta bimtek yang diadakan oleh Dinas Perindag Provinsi Gorontalo.

Pewarta/foto : Burhan

Editor             : Asriani

93 total views, 1 views today

author

Author: 

Leave a Reply