Ketahanan Keluarga Pilar Utama Ketahanan Nasional

Ketua TP. PKK Provinsi Gorontalo Idah Syahidah saat memberikan paparan pada Advokasi Penguatan Ketahanan Keluarga Tingkat Provinsi Gorontalo, di Grand Q Hotel Kota Gorontalo, Senin (25/6). (foto : Burhan -Humas)

Kota Gorontalo, Humas – Ketahanan keluarga yang kokoh akan menjadi pilar utama terhadap ketahanan nasional. Hal ini disebutkan Ketua TP. PKK Provinsi Gorontalo Idah Syahidah pada Advokasi Penguatan Ketahanan Keluarga Tingkat Provinsi Gorontalo, di Grand Q Hotel Kota Gorontalo, Senin (25/6).

“ Dalam pandangan Islam, keluarga adalah tumpuan yang utama dan pertama untuk mempersiapkan generasi penerus peradaban. Setiap individu yang berkeluarga pasti mendambakan keluarga sakinah yang mampu memberikan ketenangan,  ketentraman dan kesejukan yang dilandasi oleh imtaq serta dapat menjalankan syariat Islam dengan sebaik-baiknya,” tutur Idah.

Baca Juga :  Wagub : Jangan Ada ASN Pemprov Gorontalo Terlibat Korupsi

Menurutnya, perkembangan informasi dan teknologi tidak dapat dibendung lagi, karenanya harus dimaknai dengan arif dan bijaksana. Salah satu hal yang bisa dilakukan untuk menghadapi arus globalisasi yang semakin deras tersebut adalah dengan memperkuat ketahanan keluarga.

Lebih lanjut Idah yang juga Ketua LKKS Provinsi Gorontalo tersebut menjelaskan, ada empat pilar ketahanan keluarga yang harus kita ketahui yakni  religius atau spiritual, kesejahteraan, keamanan maupun kenyamanan dan keadilan.

” Jika kita dimulai dengan spiritual kepada Allah, dilanjutkan dengan menginginkan kesejahteraan, terus mendapatkan kenyamanan maka kuncinya harus adil, InsyaAllah jika keempat pilar tersebut dijalankan dengan baik dalam kehidupan maka akan memperkokoh ketahanan nasional,” Imbuh Idah.

Baca Juga :  Mendikbud Resmikan USB di Kabupaten Pohuwato

Advokasi yang dilaksanakankan oleh Dinas Sosial, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Provinsi Gorontalo ini bertujuan untuk mensosialisasikan Perda Nomor 12 Tahun 2016 tentang Penyelenggaraan Pembangunan Ketahanan Keluarga.

Kegiatan yang berlangsung sehari tersebut  diikuti oleh Ketua TP. PKK se-Kabupaten/Kota, Dinas PPA se-Kabupaten/Kota, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat serta Lembaga Masyarakat di Provinsi Gorontalo.

Pewarta : Burhan

361 total views, 1 views today

author

Author: