Kemenhub Serahkan Dua Kapal Pelra untuk Gorontalo

0
164
Gubernur Gorontalo Rusli Habibie (tiga kanan) foto bersama usai menyaksikan penandatanagan kerjasama dan berita acara serahterima bantuan kapal Pelra di Kantor Kemenhub RI, Jakarta, Jumat (11/10/2019). Provinsi Gorontalo mendapatkan dua unit kapal yakni Bandawa Nusantara 85 untuk Kabupaten Pohuwato dan Bandawa Nusantara 86 untuk Gorontalo Utara. (Foto: Jusni-BPPG).

JAKARTA, Humas – Direktur Jenderal Perhubungan Laut Kementrian Perhubungan RI Agus Purnomo menyerahkan bantuan dua kapal pelayaran rakyat (Pelra) bertempat di Kantor Kemenhub, Jakarta, Jumat (11/10/2019). Penyerahan ditandai dengan Penandatanganan Surat Perjanjian dan Berita Acara Serah Terima yang turut dihadiri oleh Gubernur Gorontalo Rusli Habibie. Hadir pula sejumlah kepala daerah lain yang menerima bantuan.

Tahun 2019 ini Kemenhub mengalokasikan 50 unit kapal untuk seluruh Indonesia. Dua unit dialokasikan untuk membantu transportasi antar pulau di Kabupaten Gorontalo Utara dan Kabupaten Pohuwato.

“Pak Dirjen yang saya hormati, kami sangat bersyukur dan bangga mendapatkan kapal. Ini harapan dari kami serta masyarakat khususnya di Indonesia Timur,” ucap Rusli saat didaulat memberikan sambutan mewakili kepala daerah yang hadir.

Menurut Gubernur Rusli, bantuan kapal Pelra sangat besar artinya bagi masyarakat Gorontalo. Bukan hanya dalam hal harga kapal berbanderol Rp2,3 miliar per unit, tetapi juga terkait akses masyarakat serta mendukung pariwisata sebagai salah satu program unggulan.

“Untuk itu pak Dirjen, saya mewakili teman teman dari Indonesia Timur sangat berharap agar bantuan kapal seperti ini dapat ditambah lagi tahun depan,” sambung mantan Bupati Gorontalo Utara itu.

Kapal yang diberinama Bandawa Nusantara 85 dan Bandawa Nusantara 86 merupakan jenis kapal kayu berukuran 35 GT dengan kapasitas angkut 24 penumpang dan 5 orang awak. Kapal mampu membawa bobot barang 10 ton dengan kecepatan 9 knot.

Artikel Terkait  TINGKATKAN EKONOMI, RUSLI BUKA AKSES JALAN POHUWATO-GORUT

Pewarta: Isam

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini