Kembangkan Sektor Pariwisata, Ubah Potensi Jadi Produk Wisata

Penjabat Gubernur Gorontalo, Zudan Arif Fakrulloh, melepas balon udara yang menandai dimulainya Festival Kirab Nusantara 2017

 

Potensi wisata Gorontalo harus bisa diubah menjadi produk wisata yang dapat membawa dampak sosial ekonomi bagi masyarakat. Hal ini dikatakan Penjabat Guberrnur Gorontalo, Zudan Arif Fakrulloh, saat membuka Festival Kirab Nusantara 2017 yang digelar di pantai Kurinae desa Botubarani, Kabila Bone, Kabupaten Bone Bolango, Senin (8/5).

”Gorontalo sangat kaya dengan potensi wisata bahari, kultural dan kuliner. Kita tidak cukup hanya berhenti di potensi. Potensi ini harus diubah menjadi produk, agar ada dampak ekonominya,” kata Zudan.

Untuk menjadi sebuah produk wisata yang baik, pemerintah dan seluruh stakeholder harus bergerak bersama merubah seluruh potensi wisata yang ada di Provinsi Gorontalo dengan memperhatikan 3A, yakni Atraksi, Aksesibilitas, dan Amenitas.

Zudan menjelaskan, atraksi menjadi satu alasan bagi wisatawan untuk berkunjung ke destinasi wisata tertentu. Menurutnya, hal ini pula yang perlu dikembangkan disetiap obyek wisata Gorontalo, dengan rutin menyajikan atraksi seni dan budaya lokal ataupun even-even besar dengan mendatangkan publik figur yang dikenal luas masyarakat. Faktor A kedua lanjut Zudan, yakni Aksesibilitas ataupun kemudahan menjangkau lokasi wisata, dengan tersedianya sarana transportasi yang memadai. Sedangkan A yang ketiga adalah Amenitas, yaitu terkait dengan semua bentuk fasilitas dan pelayanan bagi wisatawan selama berkunjung ke satu destinasi wisata.

“3A inilah yang harus kita pikirkan bersama untuk merubah potensi menjadi produk wisata. Harus ada atraksi, aksesnya harus dibuka seluas-luasnya, juga harus tersedia fasilitas lainnya seperti toilet, mushola, tempat orang berjualan makanan dan souvenir,” ujar Penjagub.

Sementara itu berdasarkan data dari Dinas Pariwisata Provinsi Gorontalo, untuk gelaran Festival Kirab Nusantara ini, sedikitnya sudah ada 400 wisatawan mancanegara yang tercatat pada asosiasi travel akan berkunjung ke Gorontalo. Kadis Pariwisata Provinsi Gorontalo Resma Kabakoran, dalam laporannya menyampaikan, tahun 2017 pihaknya menargetkan kunjungan wisatawan ke Provinsi Gorontalo sebanyak 150 ribu wisatawan. Untuk mencapai target tersebut, Dinas Pariwisata Provinsi Gorontalo bekerjasama dengan stakeholder pariwisata terus mempromosikan dan menarik wisatawan mancanegara berkunjung ke Gorontalo.

“Potensi wisata kita begitu banyak, ada wisata alam, bahari, budaya, religi, wisata minat khusus, dan wisata sejarah. Kurang lebih tercatat ada 96 lokasi wisata di Gorontalo yang terus kita promosikan untuk menarik minat wisatawan mancanegara dan nusantara. Kita berharap target kunjungan tahun ini bisa direalisasikan,” pungkas Resma.

Pewarta : Ecin
Fotografer : Haris
Editor : Haris

206 total views, 1 views today

author

Author: 

Leave a Reply