Kembangkan Kapasitas Diri, 15 Penyandang Disabilitas Ikut Pelatihan

Bunda Asuh Penyandang Disabilitas, Idah Syahidah (kanan) meninjau pelatihan keterampilan bagi 15 penyandang disabilitas yang digelar oleh Dinas Sosial, Perlindungan Perempuan dan Anak Provinsi Gorontalo bertempat di Loka Bina Karya (LBK) Kecamatan Limboto, Kabupaten Gorontalo, Selasa (8/5/2018). Istri Gubernur Gorontalo Rusli Habibie itu berharap para penyandang disabilitas bisa meningkatkan taraf hidupnya melalui pelatihan keterampilan ini. (Foto: Burhan-Humas).

KABUPATEN GORONTALO, Humas – Lima belas penyandang disabilitas mengikuti pelatihan dan keterampilang yang digelar oleh Dinas Sosial, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Selasa (8/5/2018). Pelatihan yang digelar di Loka Bina Karya (LBK), Kecamatan Limboto, Kabupaten Gorontalo turut ditinjau oleh Bunda Asuh Penyandang Disabilitas, Idah Syahidah.

Baca Juga :  SPN Polda Gorontalo Cetak 199 Bintara Baru

Idah meninjau proses bongkar pasang mesin motor yang dilakukan oleh para penyandang disabilitas. Ada juga praktek keterampilan menjahit dan pembuatan kue yang sebagian besar dilakukan oleh perempuan penyandang disabilitas.

Istri Gubernur Gorontalo Rusli Habibie itu mengaku kagum dengan apa yang dilakukan oleh para peserta. Di balik kekurangan fisik penyandang disabilitas, terselip kelebihan kemampuan dan keigininan untuk berkarya dan bermanfaat bagi orang lain.

“Hari ini saya datang melihat langsung dan berbincang-bincang dengan mereka. Saya kagum dan senang, meskipun mereka memiliki kekurangan namun di balik kekurangan itu mereka memiliki kelebihan yang tidak bisa dilakukan oleh orang lain. Lihat saja betapa lincahnya tangan-tangan mereka memperbaiki mesin motor, membuat kue dan menjahit baju,” kata Idah.

Baca Juga :  Lembaga Kesejahteraan Sosial Harus Maksimalkan Pelayanan Terhadap PMKS

Idah berharap usai mengikuti pelatihan ini, para penyandang disabilitas mampu meningkatkan taraf hidup dengan keterampilan yang dimiliki. Selain memberi pelatihan, ada pula bantuan modal usaha yang nanti akan mereka terima.

Pelatihan ini berlangsung dari tanggal 3-12 Mei. Selain perbengkelan, tata boga dan menjahit, ada pula pelatihan servis elektronik.

Pewarta: Burhan

Editor: Isam

269 total views, 1 views today

author

Author: