Kelola Potensi Desa Melalui BUMDES, Untuk Kesejahteraan Masyarakat

Ketua TP. PKK Provinsi Gorontalo Hj. Idah Syahidah Rusli Habibie, memberikan materi pada pelatihan manajemen BUMDES di Desa Bumela, Kab. Gorontalo, Jumat (3/11)

GORONTALO – Pembangunan desa menjadi prioritas pemerintah dewasa ini. Berbagai program pembangunan dan pemberdayaan diarahkan ke desa, dengan tujuan perekonomian dan kesejahteraan masyarakat desa semakin meningkat. Demikian dikatakan Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi Gorontalo Idah Syahidah Rusli Habibie saat menjadi pemateri pada pelatihan manajemen Badan Usaha Milik Desa (BUMDES), di kantor Desa Bumela Kecamatan Bilato, Kabupaten Gorontalo, Jumat (3/11).

Idah mengatakan, desa memiliki banyak potensi yang jika dikelola dengan maksimal dapat memberdayakan dan meningkatkan ekonomi masyarakat desa. Oleh karena itu dibutuhkan peran BUMDES sebagai lembaga yang secara profesional mengatur dan mengelola potensi desa.

“Potensi desa harus menjadi penggerak ekonomi masyarakat. Disitulah dibutuhkan BUMDES yang nantinya akan menjadi lokomotif bagi berkembangnya ekonomi dan kesejahteraan masyarakat desa,” ujar Idah.

Lanjut kata Idah, untuk membuat BUMDES sesuai dengan tujuannya tidaklah semudah menjalankan bisnis biasa. Dibutuhkan kemampuan, keahlian, dan pengetahuan tentang pengelolaan BUMDES sehingga bisa berjalan dengan baik dan optimal. Terkait hal itu dirinya menyambut positif penyelenggaraan KKN Sibermas Pengabdian Universitas Negeri Gorontalo (UNG). Menurutnya, kehadiran para mahasiswa KKN akan lebih memaksimalkan kberadaan BUMDES sekaligus memberdayakan masyarakat dalam memanfaatkan potensi desa untuk kesejahteraan keluarga.

“Kehadiran mahasiswa peserta KKN di desa ini kiranya dapat membantu pemberdayaan masyarakat terutama dalam pengelolaan UKM. Antara mahasiswa dan masyarakat bisa saling bertukar pikiran melakukan berinovasi agar potensi yang ada di desa dapat diubah menjadi produk yang bernilai ekonomi tinggi,” pungkasnya.

Pewarta : Burhan/Haris
Editor : Haris
Foto : Burhan

64 total views, 2 views today

author

Author: 

Leave a Reply