Kapal Tol Laut Layani Pengiriman Ternak Gorontalo ke Balikpapan

0
95
Wagub Gorontalo H. Idris Rahim meninjau pengangkutan ternak sapi oleh Kapal Tol Laut KM. Camara Nusantara 5 di Pelabuhan Kwandang, Kabupaten Gorontalo Utara, Rabu (9/10/2019). (Foto : Haris : Humas)

KABUPATEN GORONTALO UTARA, Humas – Kapal Tol Laut KM. Camara Nusantara 5 mulai melayani pengiriman ternak sapi dari Gorontalo menuju Balikpapan, Kalimantan Timur. Pengiriman perdana ternak sapi dilepas oleh Wakil Gubernur Gorontalo H. Idris Rahim didampingi Wakil Bupati Gorontalo Utara dan sejumlah pimpinan Organisasi Perangkat Daerah Provinsi Gorontalo di Pelabuhan Kwandang, Kabupaten Gorontalo Utara, Rabu (9/10/2019).

Kapal tol laut khusus ternak ini dilengkapi dengan sejumlah fasilitas untuk menjamin kesehatan ternak sapi tetap terjaga selama dalam pengiriman. Di antaranya pengatur suhu ruangan yang disesuaikan dengan suhu ideal bagi sapi, tenaga perawat kesehatan sapi, serta tempat pakan dan minum yang didesain khusus untuk kenyamanan ternak sapi. Kelebihan lainnya, setiap sapi yang diangkut dengan kapal tol laut diasuransikan sehingga jika terjadi kematian dalam perjalanan akan mendapatkan penggantian.

“Dengan berbagai fasilitas ini tentunya bobot sapi tidak akan berkurang sehingga ini menjadi keuntungan bagi pedagang sapi antar pulau,” kata Wagub Idris Rahim.

Idris menambahkan, keuntungan lainnya adalah tarifnya yang sangat murah jika dibandingkan dengan pengiriman yang selama ini masih menggunakan transportasi darat. Pengiriman sapi menggunakan transportasi darat dari Gorontalo menuju Palu, Sulawesi Tengah, kemudian diseberangkan ke Balikpapan membutuhkan biaya sebesar Rp1,2 juta dengan lama pengiriman selama delapan hari.

“Dengan kapal tol laut ini biayanya hanya Rp700 ribu per ekor dan dalam waktu dua setengah hari sudah tiba di Balikpapan,” imbuhnya

Artikel Terkait  Kepala BPS RI Optimis Gorontalo Semakin Maju dan Berkembang
Sejumlah pekerja menaikkan sapi ke atas KM. Camara Nusantara 5 di Pelabuhan Kwandang. (Foto : Haris – Humas)

Wagub berharap operasionalisasi kapal yang disubsidi oleh pemerintah ini dapat dimanfaatkan dengan baik oleh peternak sapi di Gorontalo. Dengan harga sapi di Balikpapan yang sangat menguntungkan serta ditunjang oleh sarana transportasi yang murah dan terjamin, Idris berharap kesejahteraan para peternak sapi di Gorontalo akan semakin meningkat.

“Sesuai informasi, sapi yang harganya Rp10 juta di Gorontalo, di Balikpapan harganya bisa mencapai Rp15 juta hingga Rp20 juta. Tentunya ini sangat menguntungkan, sehingga itu pengiriman perdana hari ini jangan sampai menjadi pengiriman terakhir,” tegas Idris.

Sementara itu Nahkoda KM. Camara Nusantara 5, Ahmad Kingkin Taufiq mengutarakan, kapal yang dinahkodainya tersebut melayani rute Gorontalo, Balikpapan, Palu, Samarinda, dan kemudian kembali Gorontalo. Rute tersebut akan ditempuh dengan perjalanan selama dua minggu. KM. Camara Nusantara 5 memiliki kapasitas angkut sebanyak 500 ekor sapi.

“Jadi kami akan berada di Gorontalo dua kali dalam sebulan. Kami mohon doa dari seluruh masyarakat Gorontalo agar kami selamat tiba ditujuan dan kembali lagi ke Gorontalo,” tutup Ahmad.

Pewarta : Haris

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini