Kampanyekan Pemeriksaan IVA, Ibu Negara Dijadwalkan Kunjungi Gorontalo

GORONTALO- Ibu Negara Iriana dijadwalkan bakal kunjungi Gorontalo 12 Oktober mendatang. Hal tersebut sebagaimana yang diutarakan ketua PKK Provinsi Gorontalo Idah Syahidah, Sabtu (30/9). Menurut isteri Gubernur Gorontalo Rusli Habibie itu, kehadiran Iriana untuk melihat langsung pemeriksaan Inpeksi Visual dengan Asam (IVA Test) bagi ibu ibu di Gorontalo.

“ InsyaAllah tanggal 12 Oktober nanti isteri bapak Presiden Jokowi ibu Iriana akan berkunjung ke Gorontalo. Kunjungan beliau untuk melihat langsung para ibu-ibu melakukan pemeriksaan IVA. Provinsi Gorontalo merupakan salah satu daerah yang paling rendah terhadap pemeriksaan IVA yang telah diprogramkan secara nasional, Saya sangat mengharapkan dukungan dan partisipasi seluruh ibu-ibu yang ada dikabupaten/kota khususnya Ketua TP. PKK agar kunjungan Ibu Iriana nanti bisa berlangsung sukses dan lancar,” papar Idah.

Pemeriksaan IVA merupakan pemeriksaan servik untuk mengetahui sejak dini potensi kanker mulut rahim pada wanita, terutama bagi perempuan yang sudah menikah. Bila Asam Asetat 3-5 % ada perubahan warna yang tampak bercak putih, maka kemungkinan ada kelainan tahap pra kanker.

“Pemeriksaan IVA atau IVA Test ini gratis. Ibu-ibu hanya diminta supaya mau memeriksaan diri ke puskesmas atau fasilitas kesehatan lain yang ada di wilayah masing-masing. Ini untuk kebaikan ibu-ibu. Kalau kita sehat maka hubungan rumah tangga harmonis dan sejahtera,” imbuhnya.

Selain menyoroti tentang bahaya Kanker Servik, Idah juga hawatir dengan ancaman HIV/AIDS di Gorontalo. Pola dan gaya hidup kebarat-baratan sebagai konsekuensi modernisasi, industrialisasi dan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi telah menyebabkan perubahan-perubahan nilai kehidupan yang cenderung mengabaikan nilai-nilai moral, etika, agama termasuk nilai-nilai hubungan seksual antara individu.

Pewarta :Burhan

Foto       : Lastri

Editor    : Ismail

149 total views, 1 views today

author

Author: 

Leave a Reply