Kampanye Fish To School, Olah Ikan Jadi Jajanan Sekolah

Ketua Forikan Provinsi Gorontalo Hj. Idah Syahidah Rusli Habibie (kanan), mengajak para siswa untuk gemar makan ikan pada kampanye Fish To Scholl di Desa Pone, Kab. Gorontalo, Rabu (1/11)

GORONTALO – Ikan sangat baik bagi kesehatan utamanya bagi anak-anak yang dalam masa pertumbuhan karena mengandung banyak protein. Pemerintah, masyarakat, dan para orang tua berkewajiban untuk meningkatkan konsumsi ikan, sehingga anak-anak dan seluruh kalangan masyarakat akan gemar memakan ikan.

Hal itu disampaikan Ketua Forum Peningkatan Konsumsi Ikan (Forikan) Provinsi Gorontalo, Idah Syahidah Rusli Habibie, pada kegiatan fish to school yang dilaksanakan di aula kantor desa Pone, Kecamatan Limboto Barat, Kabupaten Gorontalo, Rabu (1/11).

Idah mengatakan potensi ikan yang melimpah ruah di Provinsi Gorontalo harus diolah menjadi makanan ataupun jajanan yang menarik dan menyehatkan. Dengan demikian masyarakat khususnya anak-anak akan lebih gemar memakan ikan.

“Kita harus mengolah ikan lebih variatif agar tidak membosankan. Misalnya dengan mensiasatinya dengan mengolah ikan menjadi nuget, stik, kroket, dan bola-bola ikan, agar menarik bagi anak-anak dan mereka pun tertarik mengkonsumsi ikan,” jelas Idah.

Ditambahkannya, di zaman modern saat ini banyak jajanan di sekolah yang tidak sehat. Hal ini membutuhkan perhatian dari para guru maupun pengelola kantin sekolah, karena asupan gizi dari jajanan yang tidak sehat akan mempengaruhi tingkat kecerdasan para siswa. Oleh karena itu Idah berharap, pihak sekolah harus mewajibkan pengelola kantin untuk menjual jajanan yang higienis dan bahannya banyak mengandung ikan.

Suasana kampanye Fish To School di Desa Pone Kab. Gorontalo

“Menciptakan generasi yang sehat dan cerdas merupakan tanggungjawab kita bersama. Saya minta pihak sekolah dan pengelola kantin untuk memperhatikan nilai gizi jajanannya, dan utamakan yang banyak mengandung ikan,” tegas Ketua Forikan.

Diakhir sambutannya, Idah berharap kampanye gemar makan ikan melalui fish to school dapat memberikan manfaat untuk mewujudkan masyarakat Gorontalo yang gemar makan ikan. Dengan demikian, visi Pemerintah Provinsi Gorontalo mewujudkan kualitas sumber daya manusia yang unggul, handal, dan profesional bisa terwujud.

“Kampenya ini harus terus kita galakkan, agar semakin hari tingkat konsumsi ikan masyarakat semakin meningkat. Sehingga tercipta sumber daya manusia Gorontalo yang sehat, kuat dan cerdas,” tandasnya.

Pewarta : Burhan/Haris
Editor : Haris
Foto : Burhan

90 total views, 1 views today

author

Author: 

Leave a Reply