Jumbara PKK Gorontalo, Ajang Gali Potensi Perempuan

Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi Gorontalo Idah Syahidah (tengah) didampingi Ketua TP PKK Kota Gorontalo Jusmiaty K Demak (kiri) saat menghadiri Jumbara Kader PKK tingkat Kota Gorontalo, Kamis (8/2). (Foto: Burhan-Humas)

Ketua Tim Penggerak Pembinaan Kesejahteraan Keluarga (TP. PKK) Provinsi Gorontalo Idah Syahidah menghadiri ajang Jumpa Bakti Gembira (Jumbara) Kader PKK tingkat Kota Gorontalo, Kamis (2/6). Menurutnya, Jumbara harus dijadikan ajang untuk menggali potensi perempuan dalam menjalankan program-program masyarakat dan keluarga yang sehat, bahagia dan sejahtera.

Idah memaparkan dalam lingkup yang sempit saat ini perempuan tidak hanya dituntut sebagai ibu rumah tangga. Namun lebih dari itu, dalam kehidupan bermasyarakat perempuan harus dapat memberikan pengaruh positif dalam pembangunanmelalui peran dan aksi yang nyata.

“ Kegiatan Jumbara PKK ini adalah ajang untuk meningkatkan kemampuan Kader PKK dalam menggali potensi diri yang berorientasi pada peningkatan sumber daya manusia yang berkepribadian, religius, kritis terbuka dan demokratis yang memiliki etos kerja tertinggi serta mampu memberikan konstribusi yang besar untuk pembangunan,” tutur Idah isteri Gubernur Gorontalo Rusli Habibie itu.

Terkait dengan peran perempuan, Idah menjelaskan ada tugas berat PKK dalam program Suistainable Development Goals (SDGs) Atau Tujuan Program Berkelanjutan diantaranya menghilangkan kelaparan dan ketahanan pangan. Selain itu ada juga masalah gizi, meningkatkan pertanian berkelanjutan serta menjamin kualitas pendidikan dan belajar sepanjang hayat.

“Kita juga perlu bersama-sama melakukan /menekan kematian ibu dan bayi, meningkatkan cakupan ASI serta melakukan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) dalam lingkungan keluarga,” imbuh Idah.

Idah berharap melalui Jumbara PKK mampu menambah wawasan, pengetahuan, persaudaraan, persahabatan dan kinerja kader. PKK dituntut untuk membantu pemerintah dalam meningkatkan kesejahteraan keluarga sampai ke tingkat desa/kelurahan.

Acara diakhiri dengan aksi pungut sampah-sampah yang berserakan dilokasi kegiatan yang dilakukan oleh Ketua TP. PKK Provinsi Gorontalo bersama para peserta Jumbara PKK. Idah Syahidah yang selalu tampil energik dan penuh senyum pun tak luput dari permintaan swafoto dari para kader dan pengurus PKK yang hadir.

Pewarta: Burhan

Editor : Isam

133 total views, 1 views today

author

Author: 

Leave a Reply