Jelang Pemilu Serentak, Sekdaprov Ingatkan Peran Pemerintah

GORONTALO- Sekretaris Daerah Provinsi Gorontalo Winarni Monoarfa hadir sebagai narasumber pada dialog politik antara pemerintah dengan masyarakat, mahasiswa dan partai politik yang digelar Direktorat Jenderal (Ditjen) Politik dan Pemerintahan Umum Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) jelang pemilu serentak 2019. Winarni memberikan materi tentang Peran pemerintah daerah  dalam pelaksanaan pendidikan politik di Hotel Grand Q Kota Gorontalo, Senin (18/9).

Winarni menjelaskan peran pemerintah daerah  dalam pelaksanaan pendidikan politik memberikan pedoman kepada generasi muda Indonesia guna meningkatkan kesadaran kehidupan berbangsa dan bernegara sejalan dengan arah dan cita-cita bangsa Indonesia.

Pendidikan politik merupakan bagian pembangunan nasional sehingga dibutuhkan peran-peran pemerintah. “Dalam politik, pemerintah adalah agen yang memiliki kepentingan yang bersifat langsung terhadap sosialisasi politik, penyelenggara sistem politik dan memiliki tugas untuk tetap menjaga kestabilannya,” ujarnya.

Wadah formal sosialisasi dapat melalui pelajaran sekolah yang difungsikan untuk mengenalkan siswa kepada sistem kepolitikan negara, pemimpin negara, lagu-lagu nasional dan wajib, lagu kebangsaan Negara.

“Sosialisasi tentang pemahaman nilai-nilai demokrasi, etika dan budaya politik serta sosialisasi peraturan-peraturan yang berkaitan dengan perkembangan politik sosialisasi tentang pemahaman nilai-nilai demokrasi, etika dan budaya politik serta sosialisasi peraturan-peraturan yang berkaitan dengan perkembangan politik,” tambahnya.

Winarni juga mengatakan bahwa Indonesia belum pernah memiliki pengalaman pemilu nasional serentak. berbagai problem praktis terkait administrasi pemilu (DPT, pencalonan, penetapan, kampanye, pungut-hitung), problem hukum (kesiapan regulasi, DPT sampai MK), politik maupun sosial (konflik di masyarakat), efesiensi waktu utamanya saat pungut-hitung, biaya politik, antisipasi money politik dan golput.

Kesiapan Komisi Pemilihan Umum, Badan Pengawasan Pemilu, seluruh stakeholder, dan jaringan masyarakat pengawas Pemilu dalam mengawasi jalannya Pemilu, serta kesiapan MK dalam menyelesaikan permasalahan Pemilu. ” Artinya lembaga-lembaga tersebut harus mempersiapkan diri secara sinergis sejak dini dalam menghadapi pemilu nasional serentak,” tandas Winarni.

Pewarta/foto : Nova

Editor              : Asriani

125 total views, 1 views today

author

Author: 

Leave a Reply