Jelang Mutasi, Pemprov Mulai Seleksi Calon Pejabat Baru

Sekdaprov Winarni Monoarfa memberikan sambutan sebelum pelaksanaan job fit dan talent pool di Aula Kantor Bapelitbangda, Kamis (21/12)

GORONTALO – Pemerintah Provinsi Gorontalo mulai melakukan seleksi calon pejabat melalui job fit dan talent pool untuk pengisian jabatan baru di setiap Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkup Pemprov Gorontalo. Pengisian jabatan ini menurut Sekretaris Daerah Provinsi Gorontalo Winarni Monoarfa, memang harus dilakukan khususnya untuk pengisian jabatan pada pejabat pimpinan tinggi pratama melalui job fit.

“ Kami memang sedang merencanakan akan melakukan mutasi untuk penyesuaian jabatan – jabatan khususnya pada pejabatan eselon 2 dan itu sekarang harus melalui Job fit. Ini agar supaya kita bisa melihat bagaimana kinerja mereka, karena memang kita membutuhkan percepatan dalam pengisian jabatan ini mengingat pelaksanaan RPJMD kita 2017 S/d 2022 sangat ditentukan oleh SDM – SDM yang berkualitas,” kata Winarni saat membuka pelaksanaan Job Fit bagi eselon 2 dan Uji Potensi dan Kompetensi bagi eselon 3,4 dan staf , di aula kantor Bapelitbangda, Kamis, (21/12).

Baca Juga :  APBD Provinsi Gorontalo 2018 Sebesar 1,8 Trilyun Rupiah

Winarni melanjutkan, Job fit kali ini diikuti oleh seluruh pejabat tinggi pratama, kemudian ada pejabat eselon III yang potensial. Untuk menjadi pejabat pimpinan tinggi pratama (eselon 2) harus memenuhi prasyarat pangkat minimal 4b, lalu ada kompetensi teknisnya, diklat-diklat latihan apa yang harus diikuti sesuai dengan bidangnya, dan termasuk juga yang paling penting adalah rekam jejak integritas, ini yang menjadi poin penilaian.

“Untuk job fit hari ini masih dalam lingkup provinsi, tapi nanti juga akan ada open bidding untuk seleksi terbuka, itu nanti akan kita umumkan . Kebetulan ada lima jabatan yang dibuka untuk ASN, baik provinsi, kabupaten/kota maupun instansi vertikal, penetapannya nanti ada jadwalnya,” jelas Sekdaprov.

Tampak sejumlah pejabat yang akan mengikuti job fit hadir di Aula Bapelitbangda

Sementara untuk seleksi talent pool, Sekdaprov menjelaskan ini dikhususkan untuk pejabat eselon 3, 4 dan juga staf yang belum punya data pada talent pool. Tujuannya untuk mengetahui apakah pejabat yang bersangkutan layak atau tidak untuk menempati posisi di OPD tersebut.

Baca Juga :  Gubernur : Produk Hukum Harus Jelas Arah Kebijakannya

“Jadi ini untuk melihat nanti kesesuaian jabatan dengan kompetensi teknis, kompetensi managerial dan kompetensi sosial cultural, dan persoalan pelantikan belum tahu kapan, nanti kita lihat. Kalau untuk seleksi terbuka, paling Januari sesuai dengan jadwal yang ada, kalau job fit bisa cepat karena hanya menulis kemudian di wawancarai sesuai dengan bidang yang diminati,” tutup Winarni.

Pewarta : Ecin
Editor : Asriani
Foto : Nova

331 total views, 1 views today

author

Author: