Jelang Idul Fitri, TPID Gorontalo Bahas Stabilitas Stok dan Harga Pangan

Suasana rapat Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) yang dipimpin oleh Penjabat Sekda Anis Naki bertempat di ruang Dolohupa, Kantor Gubernuran, Kamis (31/5/2018). (Foto: Nova-Humas).

KOTA GORONTALO, Humas – Guna menjaga stabilitas ketersediaan stok dan harga pangan jelang hari raya Idul Fitri, Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) Provinsi Gorontalo kembali menggelar rapat koordinasi yang dipimpin oleh Penjabat Sekertaris Daerah Provinsi Gorontalo, Anis Naki, Kamis (31/5/2018).

Dalam sambutannya Anis mengatakan, dalam menekan gejolak di lapangan, Pemprov Gorontalo sudah mengambil berbagai langkah melalui rapat koordinasi baik melalui Rapat Forkopimda, Rapat Satgas Pangan, serta rapat kegiatan stabilitas barang kebutuhan pokok yang diinisiasi oleh kementrian perdangan

Baca Juga :  Ini Langkah Pemprov Gorontalo Menanggapi Kemunculan Hiu Paus

“Dan hari ini kita kembali gelar rapat TPID tingkat Provinsi, dimana kita juga telah melakukan monitoring langsung ke pasar yang dipimpin langsung oleh Pak Wagub, dan sesuai data alhamdulillah Provinsi Gorontalo pada triwulan 1-2018, priode april 2018 mengalami deflasi sebesar -0,12 persen, sedangkan nasional mengalami inflasi sebesar 0,10 persen,” kata Anis.

Anis melanjutkan selama bulan ramadan ini sesuai intruksi Gubernur, pihaknya terus memastikan akan tetap melakukan operasi pasar murah hingga jelang lebaran nanti. Selain membantu masyarakat miskin, operasi pasar diyakini dapat menekan harga pangan agar tetap stabil.

“Untuknya kami dari TPID menjelang hari raya idul fitri ini terus dihimbau untuk melakukan berbagai hal, yang pertama memastikan ketersediaan pasokan barang kebutuhan pokok, memastikan kewajaran kenaikan tarif angkutan, melakukan operasi pasar dan pasar murah, serta melakukan pemantauan secara insentif perkembangan harga barang,” tambahnya.

Baca Juga :  Resmikan RTH Telaga, Wagub Minta Masyarakat Ikut Melestarikannya

Diakhir sambutannya Anis yang juga selaku Ketua Harian TPID Gorontalo berharap rapat rapat seperti ini bisa menghasilkan senergi dan pemikiran yang sama antar semua pihak yang tergabung dalam TPID baik Provinsi maupun Kab/Kota.

“Kunci mengelolah ekonomi yang baik,  baik tingkat Provinsi maupun Kab/Kota, adalah pentingnya meningkatkan laju pertumbuhan ekonomi serta menjaga kestabilan inflasi dan semua ini bisa terwujud jika seluruh pihak bisa terus bekerjasama,” tandasnya.

Hadir dalam kesempatan tersebut perwakilan Kepala Kantor BI, perwakilan Kepala Badan Statistik, perwakilan Ketua TPID Kab/Kota se Provinsi Gorontalo, perwakilan Sub Divre Bulog Provinsi Gorontalo serta pimpinan SKPD terkait lainnya.

Pewarta: Ecyhin

199 total views, 1 views today

author

Author: