Jelang HUT, Satpol PP Gelar Rakorev

Suasana rakorev Satpol Linmas dan Pemadam Kebakaran tingkat Prov. Gorontalo dalam rangka HUT Satpol, di Aula Kantor DPRD Kab. Bone Bolango, Rabu (11/4).

Jelang Hari Ulang Tahun (HUT) Satuan Polisi Pamong Praja Perlindungan Masyarakat (Satpol PP Linmas) dan Pemadam Kebakaran tingkat provinsi yang dipusatkan di Kabupaten Bone Bolango, 12 April 2018 menggelar rapat koordinasi dan evaluasi kerja penyidik pegawai negeri sipil (PPNS) dan Satpol PP dalam membangun kinerja dan citra pemerintah daerah dalam penegakan peraturan daerah (perda) dan peraturan kepala daerah (perkada) yang professional di aula kantor DPRD Kabupaten Bone Bolango, Senin (11/4).

Pelaksana harian (Plh) Sekretaris Daerah Provinsi Gorontalo Weni Liputo saat membuka rakor tersebut mengatakan meskipun hanya setahun sekali memperingati hari satpol pp, kita harus manfaatkan sebagai momentum untuk mencharger energi dan spirit kita untuk melaksanakan tugas selama 365 hari kedepan.

Baca Juga :  Pemprov Memprioritaskan Pembangunan Rumah Asia Onyi

“Kita bisa bayangkan dengan 365 hari itu orang terjebak dengan hal-hal yang rutin pasti dia akan mengalami stres, galau dan mungkin dia tidak akan menjadi produktif, nah itulah yang menyebabkan mengapa PNS itu banyak yang mengalami penurunan kinerja padahal yang dia kerjakan setiap hari sejak dia menjadi PNS sampai dia pensiun adalah hal yang sama, sehingga ini yang harus di evaluasi,” kata Weni.

Menurutnya, yang harus diperhatikan bukan hanya target dan perencanaan tapi kita harus evaluasi aspek-aspek mana yang mempengaruhi kinerja satpol.

“Kita harus mampu berkonsultasi, berkomunikasi dan berkoordinasi dengan teman lain sehingga penegakkan aturan aturan itu mendapat respon dari semua pihak yang berkaitan dengan ketentuan kepala daerah, mungkin dengan pimpinan-pimpinan lainnya, dengan tokoh-tokoh masyarakat,” urai mantan Kadis Dikbudpora ini.

Baca Juga :  Bangkitkan Inovasi, Badan Penghubung Gorontalo Gelar "Mind Setting"

Weni berharap keberadaan satpol bukan hanya sekedar melengkapi organisasi yang ada di pemerintahan tapi satpol harus menjadi sebuah organisasi dalam rangka untuk menjaga kewibawaan pemerintah daerah dalam penegakan hukum secara bersama-sama dengan kepala kejaksaan, KPK, pengadilan, dan kepolisian sehingga satpol menjadi bagian dari sistem penegakan hukum secara nasional.

Sementara itu Kepala Satpol PP Linmas dan Pemadam Kebakaran Provinsi Gorontalo Faisal Lamakaraka mengatakan, pelaksanaan acara puncak HUT satpol PP yang akan dipusatkan di Kabupaten Bone Bolango, diisi dengan berbagai rangkaian kegiatan sejak hari Selasa yang kita isi dengan penjemputan Bendera Pataka dan hari Rabu kita laksanakan acara rakor, evaluasi kerja Satpol PP serta peningkatan penyidik PNS se Provinsi Gorontalo yang menghadirkan pemateri dari pusat yang membidangi PPNS itu sendiri.

Baca Juga :  Testimoni Peserta KKN Kebangsaan

Faisal berharap dengan dilaksanakannya rakor akan menyatukan persepsi khususnya di bidang penegakan perda. ” Nantinya akan tercipta satu kesepakatan bersama dalam hal mengawal segala macam peraturan-peraturan baik daerah kabupaten/kota maupun provinsi itu sendiri sehingga dalam penerapannya kita akan selalu sinkronkan antara kegiatan provinsi dan kegiatan yang ada di kabupaten kota,” tandas Faisal.

Pewarta/foto : Nova
Editor : Asriani

265 total views, 1 views today

Rate this article!
author

Author: