Jamaah Haji Gorontalo Kloter Terakhir Tiba Dengan Selamat

Wagub Gorontalo H. Idris Rahim (kanan), menandatangani penyerahan jamaah haji kloter 29 UPG kepada PPIH Kabupaten

GORONTALO – Pemerintah Provinsi Gorontalo menerima jamaah haji kelompok terbang (kloter) terakhir, kloter 29 UPG yang merupakan gabungan dari jamaah haji Kabupaten Gorontalo, Bone Bolango, Boalemo, dan Kabupaten Gorontalo Utara, di ruangan Madinah asrama haji Gorontalo, Senin (2/10).

Dalam sambutannya, Wakil Gubernur Gorontalo H. Idris Rahim yang menerima kembali kedatangan jamaah haji Gorontalo kloter 29 UPG, mengucapkan syukur atas penyelenggaraan ibadah haji untuk musim haji 1438 Hijriah yang telah berjalan lancar dan sukses. Terkait hal itu, secara khusus Idris menyampaikan terima kasih kepada jajaran Kanwil Kementerian Agama Provinsi Gorontalo bersama PPIH dan seluruh instansi yang terlibat dalam penyelenggaraan ibadah haji sejak proses persiapan, pemberangkatan, hingga pemulangan jamaah haji.

“Alhamdulillah, penyelenggaraan ibadah haji tahun ini secara umum berjalan lancar. Ini menunjukkan komitmen kita untuk memberikan pelayanan yang terbaik kepada para jamaah. Meskipun demikian, kita menyadari pasti ada kekurangan, dan itu akan menjadi bahan evaluasi untuk perbaikan di waktu mendatang,” kata Idris.

Lebih lanjut Idris berpesan kepada seluruh jamaah haji untuk menjaga kemabruran haji dengan memperbanyak ibadah dan amal shaleh. Menurutnya, mabrur tidaknya haji seseorang sangat ditentukan oleh sikap dan perilaku dalam kehidupan di tengah masyarakat.

“Tanda-tanda kemabruran haji itu antara lain shalat tepat waktu, banyak bersedekah, serta menjaga tali silaturrahim. Tolong dijaga kemabruran haji bapak ibu, karena haji mabrur itu ganjarannya tiada lain adalah surga,” papar Wagub.

Berdasarkan data Kementerian Agama Provinsi Gorontalo, untuk musim haji 1438 Hijriah, Provinsi Gorontalo memperoleh kuota sebesar 987 jamaah, sudah termasuk petugas kloter, pembimbing ibadah haji, dan tenaga medis. Jamaah haji Provinsi Gorontalo dibagi dalam tiga kloter, masing-masing kloter 25 UPG dengan jumlah jamaah 454 orang, kloter 28 UPG 83 jamaah, dan kloter 29 UPG 450 jamaah. Untuk kloter 29 UPG, dari jumlah 450 jamaah, yang tiba kembali di Gorontalo berjumlah 447 jamaah, 2 jamaah meninggal dunia di Mekkah, dan 1 jamaah lainnya masih dirujuk ke rumah sakit Angkatan Udara Hasanuddin Makassar.

Pewarta/Editor : Haris
Foto : Haris

136 total views, 1 views today

author

Author: 

Leave a Reply