Jadi Teladan Nasional, Dua Petani Gorontalo Masuk Istana

Dengan menggunakan pakaian adat Gorontalo, Gias Sila dan Apris Buhungo menghadiri upacara HUT ke-73 Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia di Istana Negara, Jakarta, Jumat (17/8/2018). Gias dan Apris mendapatkan kehormatan ke Istana karena menjadi petani teladan masing masing di bidang Penyuluh Pertanian dan bidang Kelembagaan Ekonomi Petani. (Foto: Istimewa).

JAKARTA, Humas – Kabar membanggakan datang dari Istana Merdeka, Jakarta, Jumat (17/8/2018). Dua petani asal Gorontalo didaulat oleh pemerintah pusat sebagai Petani Teladan Nasional Tahun 2018, yakni Abdul Gias Sila dan Apris Buhungo.

Gias Sila menjadi Penyuluh Pertanian Teladan 1 Nasional menyisihkan dua penyuluh lain asal Kalimantan Selatan dan Jawa Tengah yang harus puas di urutan 2 dan 3.

Baca Juga :  Gandeng Stake Holder, KPA Gorontalo Terus Seriusi Penanggulangan HIV/AIDS

Apris Buhungo menjadi yang terbaik dalam Kelembagaan Ekonomi Petani Berprestasi. Apris yang bernaung di Koperasi Insan Mandiri Bone Pantai mengungguli koperasi asal NTB dan NTT.

“Sebenarnya ada lima kategori yang dilombakan di tingkat nasional yakni Petani Berprestasi, Balai Penyuluh Pertanian, Gapoktan Berprestasi, Penyuluh Pertanian Berprestasi dan Kelembagaan Ekonomi Petani. Alhamdulillah kita menjadi yang terbaik di dua kategori,” terang Kadis Pertanian Muljady D. Mario yang dihubungi terpisah.

Sebagai ganjaran atas prestasi tersebut, keduanya diundang oleh Presiden RI Joko Widodo untuk hadir pada upacara HUT ke-73 Proklamasi RI. Tampilan keduanya pada upacara tersebut terbilang cukup unik yakni dengan menggunakan pakaian adat Gorontalo mukuta. Pakaian adat yang lazim digunakan pria dalam prosesi pesta pernikahan.

Baca Juga :  93 Madya Praja IPDN Ikuti Praktek Lapangan di Provinsi Gorontalo

Sehari sebelumnya, keduanya juga diundang pada Sidang Tahunan MPR-DPR-DPD di gedung parlemen Jakarta. Acara akan diakhiri dengan menghadiri resepsi kenegaraan yang berlangsung 17 Agustus malam.

Pewarta: Nova

Editor: Isam

896 total views, 2 views today

Berita Terkait

461 Napi Gorontalo Terima Remisi 17 Agustus Gubernur Gorontalo Rusli Habibie (dua kanan) didampingi Kakanwil Kumham Provinsi Gorontalo Agus Subandriyo saat menggelar silaturahmi dengan warga bi...
Meriahkan HUT RI, Badan Penghubung Gelar Lomba Agu... Kepala Badan Penghubung Provinsi Gorontalo Arfan Serry. Jusuf (kanan) beserta staf nampak serius dan bergembira mengikuti lomba tarik tambang yang di...
Peserta Upacara HUT Proklamasi Bakal Gunakan Pakai... Gubernur Gorontalo Rusli Habibie saat diwawancarai oleh media usai meninjau pelaksanaan geladi kotor upacara HUT ke-73 Proklamasi Kemerdekaan Republi...
Gubernur Gorontalo Ajak Semua Elemen Bersinergi Me... Gubernur Gorontalo Rusli Habibie bertindak sebagai inspektur upacara pada peringatan HUT ke-73 Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia bertempat di...
Tags:
author

Author: