Iriana Target Iva Test Gorontalo Tuntas Bulan Maret

Ibu Negara Iriana didampingi istri Wapres Jusuf Kalla, Mufidah (kanan) saat memberikan arahan pada seminar Keluarga Berbasis Karakter di gedung GPCC, Kota Gorontalo, Senin (22/1). Turut mendampingi pula ketua TP. PKK Pusat Erni Gunanti (dua dari kiri) dan Ketua TP. PKK Provinsi Gorontalo Idah Syahidah (kiri).

Ibu Negara Iriana menargetkan iva test atau pemeriksaan kanker serviks bagi perempuan di Gorontalo tuntas di bulan Maret. Hal itu disampaikan istri Presiden RI Joko Widodo saat berkunjung dan memberikan arahan pada Seminar Keluarga Berbasis Karakter di gedung Grand Palace Convention Centre (GPCC), Kota Gorontalo, Senin (22/1).

Iriana sempat bertanya kepada guru-guru dan ratusan perempuan yang hadir apakah sudah melaksanakan deteksi dini kanker serviks. Rupaya banyak di antara mereka mengaku belum melakukan pemeriksaan.

Baca Juga :  Kanwil Kumham Gorontalo Segera Bangun Lapas Terpadu

“Waduh masih banyak yang belum yah. Jadi ini saya kasih PR kepada Ibu Gubernur, Ibu Idah Syahidah, tolong yang belum melakukan IVA tes didorong agar segera melakukan tes. Saya targetkan Maret semua sudah tes,” kata perempaun asal Solo itu.

Hal senada juga dikatakan oleh Ketua TP. PKK Pusat, Erni Gunarti yang turut hadir mendampingi Ibu Negara. Istri Mendagri Tjahjo Kumolo itu meminta kepada ibu-ibu peduli terhadap kesehatan diri sendiri utamanya menyangkut kanker serviks. Hal itu disebabkan karena kanker serviks menjadi pembunuh nomor dua setelah kanker payudara.

“Kalau kita sakit, selain diri kita yang susah, bapak dan anak didik kita juga pasti susah. Jadi jangan sepelekan penyakit ini, selagi kita masih sehat justru harus memeriksakan secara dini,” terang Erni.

Baca Juga :  Sekda Beri Pembinaan Pada Aparatur Penghubung Makassar

Kedatangan Iriana ke Gorontalo didampingi oleh istri Wapres RI Jusuf Kalla, Mufidah bersama puluhan istri Menteri Kabinet Kerja. Selain memberi arahan di GPCC, Iriana juga mengkampanyekan bahaya narkoba bagi para pelajar Gorontalo. Kunjungan tersebut berakhir dengan melihat hasik kerajinan tangan khas Gorontalo seperti Upia Karanji dan kain sulaman Karawo bertempat di kantor perwakilan Bank Indonesia.

Pewarta : Ecyhin

Editor : Isam

Foto : Ryan

226 total views, 2 views today

author

Author: