Investor Jepang Bangun Pabrik Kakao di Gorontalo

Wagub Gorontalo H. Idris Rahim berbincang dengan investor Jepang, Tokyo Food dan Kanimatsu Corporation

GORONTALO – Pemerintah Provinsi Gorontalo menyambut baik rencana investor Jepang untuk mengembangkan tanaman Kakao di Provinsi Gorontalo. Hal ini disampaikan Wakil Gubernur Gorontalo H. Idris Rahim, saat diwawancarai usai menerima kunjungan tim Tokyo Food dan Kanimatsu Corporation di ruang kerjanya, Rabu (12/7).

“Perusahaan Tokyo Food tertarik untuk mengembangkan tanaman Kakao di Gorontalo. Mereka akan membuat pabrik pengolahan biji Kakao di Boalemo,” jelas Wagub.

Wagub Idris Rahim menyambut positif rencana perusahaan Jepang tersebut. Dirinya berharap, dengan adanya pabrik pengolahan biji Kakao di Provinsi Gorontalo akan berdampak pada meningkatnya pendapatan petani Kakao.

“Kita selalu mensupport setiap investasi yang masuk ke daerah ini. Kita berharap dengan masuknya investor, pertumbuhan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat akan terus meningkat,” ujarnya.

Untuk tahap pertama, perusahaan Jepang akan membangun pabrik dalam skala kecil, dan nantinya akan terus dikembangkan seiring meningkatnya hasil biji Kakao di Gorontalo. Terkait hal itu, kepada tim Tokyo Food Idris menuturkan, untuk kebutuhan bahan baku berupa biji Kakao, tidak hanya tergantung pada hasil biji Kakao di Kabupaten Boalemo, tetapi juga akan ditunjang dari beberapa sentra perkebunan Kakao di Kabupaten Pohuwato, Kabupaten Gorontalo, Gorontalo Utara, dan Bone Bolango.

“Saya sampaikan ke pihak Tokyo Food, produksi biji Kakao di Provinsi Gorontalo tidak hanya di Boalemo. Tetapi hampir disemua daerah ada sentra tanaman Kakao. Juga tidak menutup kemungkinan, bahan baku biji Kakao bisa dipasok dari daerah sekitar Gorontalo,” tandas Idris.

Pewarta/Editor : Haris
Foto : Haris

241 total views, 1 views today

author

Author: 

Leave a Reply