Ini Pesan Ka Kwarnas Untuk Anggota Pramuka Gorontalo

Ka Kwarnas Pramuka Adhyaksa Dault (kiri) menyematkan tanda jabatan kepada Wakil Ketua Majelis Pembimbing Daerah (Mabida) Gerakan Pramuka Gorontalo, Idris Rahim, pada pelantikan Mabida dan Pengurus Kwarda Pramuka Gorontalo periode 2018-2023 di Belle li Mbui, Rabu (11/7). (Foto : Haris – Humas)

KOTA GORONTALO, Humas – Ketua Kwartir Nasional (Ka Kwarnas) Gerakan Pramuka, Adhyaksa Dault, berpesan dan sekaligus mengajak seluruh anggota Pramuka dan pemuda Gorontalo untuk mencintai dan menghormati orang tua. Pesan ini disampaikannya pada pelantikan Majelis Pembimbing Daerah (Mabida), pengurus Kwartir Daerah (Kwarda), Lembaga Pemeriksa Keuangan (LPK), dan Dewan Kerja Daerah Gerakan Pramuka Gorontalo periode 2018-2023 di Belle li Mbui Kota Gorontalo, Rabu (11/7/2018).

Baca Juga :  Rayakan Setahun 'NKRI', Gubernur-Wagub Undang 250 Anak Yatim

“Siapa yang di gadget atau dompetnya berisi foto orang tuanya? Yang ada foto orang tuanya, silahkan maju ke depan,” kata Ka Kwarnas kepada anggota Pramuka yang hadir pada kesempatan itu.

Dari ratusan anggota Pramuka, ada belasan anggota Pramuka yang maju ke depan dan memperlihatkan foto orang tuanya yang tersimpan dalam gadgetnya masing-masing. Sebagai bentuk apresiasi, Ka Kwarnas Adhyaksa Dault memberikan imbalan kepada para anggota Pramuka itu.

“Ya anak-anak ya, jangan lupakan orang tua kita. Merekalah yang membuat kita menjadi orang seperti saat ini,” ujarnya.

Adhyaksa juga meminta anggota Pramuka Gorontalo untuk membaca dan mempelajari buku yang ditulis oleh Kenichi Ohmae yang berjudul The End of The Nation State yang dalam bahasa Indonesia artinya adalah berakhirnya negara bangsa.

Baca Juga :  6000 Pekerja Sosial dan Warga Kumpul di Limboto

Dalam buku itu, ungkap Ka Kwarnas, ada 4I yang akan merubah wajah dunia, yaitu Industri, Investasi, Individualis, Informasi. Menurutnya, di era globalisasi orang-orang semakin individualis dan mengabaikan komunikasi. Akibatnya hal itu memicu penyakit kegilaan karena kemarahan dan kegilaan karena senang.

“Di Pramuka kita melatih untuk menjadi diri yang tidak individualis,” tutur Ka Kwarnas.

Sebelumnya Wakil Gubernur Gorontalo H. Idris Rahim selaku Wakil Ketua Mabida Gerakan Pramuka Gorontalo dalam sambutannya mengatakan bahwa Gerakan Pramuka merupakan organisasi pendidikan non formal yang mendidik dan mendorong anggotanya untuk terus berkarya dalam pembangunan bangsa dan negara.

“Pendidikan kepramukaan membentuk karakter, watak, akhlak, dan budi pekerti generasi muda yang kelak akan meneruskan cita-cita perjuangan bangsa,” tandas Idris.

Baca Juga :  Polwan Jalani Peran Ganda

Pewarta : Haris

423 total views, 2 views today

author

Author: