Ini Cara Rusli Dorong Petani Udang Vaname

Gorontalo – Gubernur Gorontalo Rusli Habibie, tidak akan kehilangan ide dan gagasan dalam meningkatkan perekonomian masyarakat, khususnya masyarakat yang ada di wilayah pesisir pantai. Jumat (4/3) Gubernur Gorontalo bersama sejumlah SKPD dilingkup Pemerintah Provinsi Gorontalo bersama masyarakat melakukan panen udang Vaname.

“perlu bapak dan ibu ketahui bahwa harga udang Vaname ini bisa mencapai Rp50 Ribu perkilogram, dan udang Vaname ini akan diekspor ke Jepang,” Kata Rusli Habibie, dihadapan masyarakat petani udang Vaname.

Rusli menjelaskan bahwa, jika dari biaya produksi udang Vaname ini dalam Satu Kilogram, hanya memakan biaya Rp 21 Ribu, sementara pihak eksportir siap membeli Udang Vaname dengan harga Rp50 ribu sampati Rp60 Ribu/Kg.

Dengan begitu, lanjut Rusli, keuntunganya bisa capai 100 persen per kilogram, itupun dengan lama waktu pembudidayaan hingga masa panen, tidak sampai Tiga bulan.

“Jadi bapak ibu bisa lihat sendiri hasilnya, tidak sampai Tiga bulan, kita sudah panen dan keuntunganya pun bisa capai 100 persen dari total biaya produksi,” Ujar Rusli Habibie.

Ia menambahkan, hanya dengan 1000 meter persegi, dari panen kali ini sebanyak 1,2 ton,  petani sudah bisa mendapatkan uang dari hasil penjualan sekitar Rp 60 juta, dipotong biaya produksi.

Rusli juga menambahkan bahwa, usaha udang Vaname ini sangat potensial, pasarnya sangat terbuka, mengingat pihak ekportir sendiri mengakui jika udang Vaname Gorontalo berkualitas super, dan pihak eksportir sudah siap menampung.

“jadi udang ini akan diekspor ke Jepang, dan mereka (Eksportir) sudah siap menampung,” Ujar Rusli.

Selain budidaya udang Vaname, Gubernur Rusli Habibie, juga akan membudidayakan Ikan Kerapu, khusus untuk masyarakat pesisir di Lima Kabupaten yang ada di Gorontalo.

400 total views, 1 views today

Tags:
author

Author: 

Leave a Reply