Ini Alasan Rusli Perhatikan Petani dan Nelayan Di Gorontalo

Gorontalo – Tingginya perhatian Gubernur Gorontalo Rusli Habibie, terhadap kesejahteraan Petani dan Nelayan di Gorontalo, serta pekerja lainya, seperti peternak, ada alasan tersendiri, kenapa Pemerintah Provinsi Gorontalo begitu memperhatikan kesejahteraan mereka.

“Lahan pertanian di Gorontalo sangat luas, kawasan pesisir pantai kita juga cukup panjang, dan sebagian besar dari mereka, berprofesi sebagai Petani dan Nelayan,” Kata Rusli Habibie.

Ia menambahkan bahwa, dari total jumlah penduduk Gorontalo ini, 60 persenya adalah Petani dan Nelayan, sehingga pemerintah berkewajiban untuk terus memperhatikan kesejahteraan mereka, sebab Gorontalo tidak punya SDA yang melimpah seperti Kalimantan yang ada Batu Bara.

Dijelaskanya bahwa, apabila Petani dan Nelayan ini sejahtera, maka secara otomatis angka kemiskinan penduduk Gorontalo akan terus menurun, seiring dengan terjadinya peningkatan ekonomi di Dua sektor tadi.

“Jadi fokus saya, selain perbaikan disektor Pendidikan, dan Kesehatan serta Infrastruktur, fokus lainya adalah kemandirian atau peningkatan ekonomi kesejahteraan bagi pelaku usaha perkebunan, pertanian, serta perikanan,” Ujar Rusli Habibie.

Rusli juga menjelaskan, semakin tingginya pendapatan mereka baik Pertanian maupun Perikanan, pasti akan memberikan kontribusi yang tinggi kepada pemerintah, dimana jika kedua sektor ini cukup baik maka PDRB kita juga akan naik.

Kemiskinan akan terus bertambah, jika pemerintah tidak memperhatikan dan memberikan kontribusi dalam bentuk fasilitas penunjang, baik kepada Petani maupun Nelayan, sebab profesi ini banyak digeluti oleh masyarakat Gorontalo.

“Tidak hanya pemerintah Daerah, Pemerintah Pusat pun terus memberikan perhatian serius kepada Petani dan Nelayan,” Tegas Rusli.

Dulunya Petani, saat memasuki musim tanam, kesulitan mendapatkan benih, belum lagi masalah gagal panen, serta hutang dimana-mana saat mereka akan memasuki musim tanam.

Namun, disektor pertanian baik itu Petani sawah maupun petani jagung, dan lainya Pemerintah Provinsi Gorontalo terus menyalurkan bantuan, dimana salah satunya adalah pemerintah menyediakan bantuan benih padi gratis untuk 71.140 Haktare (Ha) lahan sawah di Gorontalo.

“belum lagi ada bantuan pupuk gratis, Alat dan Mesin Pertanian (Alsintan), perbaikan jaringan irigasi, serta jaminan asuransi bagi para petani padi,” ungkapnya.

Terkait Alsintan, lanjut Rusli bahwa, pemerintah telah menyiapkan 496 unit, ditambah lagi dengan operasional brigade Alsintan, dimana gagasan ini, dapat memangkas 50 persen biaya dari harga biasanya yang dikeluarkan oleh petani saat musim tanam tiba, sebab perawatan Alsintan tersebut dibebankan ke APBD Pemerintah Provinsi Gorontalo.

Untuk mejaga jangan sampai beban kerugian petani akan terus bertambah seiring dengan musim tanam tiba, dimana biasanya saat musim tanam, para petani ini hutang dimana-dimana kepada tengkulak, sebab terkendala dengan besarnya modal yang harus dikeluarkan.

“Bagus jika hasil pertanian mereka melimpah, namun kalau mereka gagal panen, maka hutang pasti akan menumpuk,” jelasnya.

Sehingganya untuk mengantisipasi hal itu terjadi, Gubernur Gorontalo mengeluarkan kebijakan untuk mengasuransikan Petani Padi, untuk luasan 20.000 Haktare, dari 32.000 Ha luas baku lahan sawah di provinsi gorontalo.

Dalam setiap kali, kunjungan ke Kemetrian Pertanian, Gubernur Rusli Habibie, terus memberikan penguatan serta jaminan kepada Menteri untuk peningkatan produksi pertanian Gorontalo.

Dimana dari 34 Provinsi, ada Empat Provinsi yang Gubernurnya begitu intens dan aktif membicarakan peningkatan produski, yaitu Gubernur Gorontalo, Sumatera selatan, NTT dan Jawa Tengah.

Rusli menjelaskan jika tahun lalu Gorontalo mendapatkan bantuan 70 ribu hektar benih jagung dan pupuk secara gratis, maka untuk tahun ini Gorontalo mendapat bantuan benih untuk 95 Ribu hektar.

“Petani dan Nelayan Gorontalo harus sejahtera dan “Menang” dalam hal peningkatan ekonomi serta pengaruh besar turunya angka kemiskinan di Gorontalo” Tutupnya.

wdOSX4l1 ceAT5q9y IMG-20160304-WA0055 RgJfuJ_R K9jvPGig n3ZoTVo8

Penyerahan bantuan bibit durian dan penanaman pohon durian di desa cempaka putih

Penyerahan bantuan bibit durian dan penanaman pohon durian di desa cempaka putih

KmAmdcYg

Saat meninjau lahan pertanian

Saat meninjau lahan pertanian

Didampingi Penjabat Bupati Gorontalo, Kapolda Gorontalo, Dandim 1304 serta SKPD terkait, hari ini selasa (29/12) Gubernur Rusli melihat langsung beberapa sampel sumber air serta irigasi yg menjadi masalah di wilayah tersebut.

Didampingi Penjabat Bupati Gorontalo, Kapolda Gorontalo, Dandim 1304 serta SKPD terkait, hari ini selasa (29/12) Gubernur Rusli melihat langsung beberapa sampel sumber air serta irigasi yg menjadi masalah di wilayah tersebut.

398 total views, 2 views today

Tags:
author

Author: 

Leave a Reply