10 Menit Pelayanan, Zudan Apresiasi Dukcapil Pohuwato

Gorontalo – Implementasi Program Salam Sepuluh Menit di Dinas Kependudukan Pencatatan Sipil Kabupaten Pohuwato mendapat apresiasi dari Plt. Gubernur Gorontalo Prof. Zudan Arif Fakrulloh, yang juga sekaligus sebagai Dirjen Kependudukan Pencatatan Sipil Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia.

Hal inilah yang disampaikan Plt saat meninjau langsung pelayanan administrasi kependudukan di sela-sela kunjungan kerjanya ke Kabupaten Pohuwato, Senin (10/1), Zudan membuktikan sendiri pengurusan akte kelahiran dan kartu keluarga di Dinas Dukcapil Pohuwato, bisa selesai dalam waktu sepuluh menit.

“Program Salam Sepuluh Menit yang diturunkan oleh Dirjen Dukcapil Kemendagri, benar-benar bisa diimplementasikan di daerah ini. Saya sangat mengapresiasinya, karena ini merupakan komitmen kita untuk memberikan layanan yang cepat dan terbaik kepada masyarakat, dimana kita berkomitmen layanannya selesai dalam waktu sepuluh menit,” kata Zudan.

Lebih lanjut Zudan menjelaskan, pihaknya terus melakukan terobosan dalam memperbaiki pelayanan administrasi kependudukan kepada masyarakat. Jika sebelumnya, lamanya pengurusan selama 14 hari, bisa dimajukan menjadi 3 hari, dan sekarang bisa selesai dalam waktu 10 menit. Kedepan Zudan berharap, perbaikan layanan ini juga bisa diimplementasikan dalam pengurusan perizinan, yang tadinya layanannya dalam hitungan hari, menjadi hitungan jam, hingga hitungan menit. Untuk mencapai hal itu, Zudan mengungkapkan pentingnya dukungan sumber daya manusia yang handal dan profesional, serta didukung oleh manajemen yang rapi dengan konsep Plan, Do, Check.

“Rencanakan, kerjakan, dan awasi. Kita merencanakan layanannya bisa selesai dalam sepuluh menit, maka semua berkas yang masuk tidak boleh menumpuk,” tegasnya.

Zudan juga mengatakan jika dibandingkan dengan beberapa daerah lainnya di Indonesia, layanan Dinas Dukcapil Pohuwato memang luar biasa. Rata-rata daerah di pulau Jawa, layanannya masih mencapai satu sampai 3 hari, demikian pula Makassar yang layanannya masih 3 hari, dan Manado 30 menit.

“Sehingga itu saya berharap Dinas Dukcapil Pohuwato bisa menginspirasi Dinas Dukcapil di seluruh Indonesia. Karena pada intinya pemerintahan harus membahagiakan masyarakatnya, dan saya berharap dimulai dari Gorontalo kita bisa menciptakan pemerintahan nasional yang membahagiakan seluruh rakyat Indonesia,” pungkas Zudan.

232 total views, 2 views today

author

Author: 

Leave a Reply