Idah Syahidah Bicara Soal Pramuka “Jaman Now”.

 

Ka Kwarda Pramuka Idah Syahidah (kiri) berbicara tentang pramuka “jaman now” saat dialog di Radio Suara Rakyat Hulondhalo, Rabu (13/12).

Ketua Kwartir Daerah (Kwarda) Pramuka Gorontalo Idah Syahidah bicara blak-blakan soal pramuka “jaman now”. Menurut isteri Gubernur Gorontalo Rusli Habibie itu, pramuka bisa menjadi solusi bagi anak muda untuk bisa bersaing di era serba canggih dewasa ini.

“Pramuka adalah sebuah gerakan pendidikan yang inovatif, menarik, menantang, menyenangkan dan keren. Di jaman now, pramuka menjadi pilihan menarik bagi anak-anak dan remaja Gorontalo untuk mengembangkan dan membangun karakter,” jelas Idah saat berdialog di Radio Suara Rakyat Hulondalo, Rabu , (13/12).

Dalam hal pertukaran informasi, menurut Idah ada perbedaan mendasar antara pramuka “jaman old” dan pramuka “jaman now”. Dulu eksistensi pramuka cenderung tertutup dan hanya bisa dirasakan oleh para anggota. Sekarang di era sosial media, semua orang bisa tahu, belajar dan bahkan ikut tertarik untuk aktif di gerakan pramuka.

Baca Juga :  Sekdaprov Berikan Arahan Dalam Kegiatan EKPPD

“Oleh karena itu anggota pramuka harus bersikap cerdas dan bijak dalam bersosial media. Dalam hal ini cerdas diartikan mampu menangkap momen kegiatan pramuka dan menampilkan informasi betapa menyenangkan aktif menjadi anggota pramuka. Pramuka juga harus bisa membagi waktu kapan saatnya bersosial media dan kapan saatnya bersosialisasi di dunia nyata,” imbuh Ka Kwarda.

Untuk menjadikan pramuka digemari dan ditekuni oleh anak muda, Ka Kwarda menilai perlu melakukan penataan kelembagaan yang lebih baik dengan mengedepankan pengembangan dan pengabdian kepada masyarakat. Hal ini penting agar pramuka terus punya kegiatan, tidak mandeg, kerja keras dan kreatif.

“Kami terus berupaya agar pramuka mempunyai kegiatan yang berdampak positif dan dapat menggugah semangat dan kreativitas peserta didik. Seperti misalnya, pramuka selalu melakukan kegiatan di luar rumah dan di luar sekolah. Makanya kegiatan pramuka keren dan pramuka Gorontalo dahsyatnya luar biasa,” jelas Idah penuh semangat.

Baca Juga :  LSN Region Sulawesi I 2017, Berakhir

Pewarta : Ecyhin

Editor : Isam

Foto : Husain

371 total views, 1 views today

author

Author: