Idah Lantik Pengurus Dekranasda Gorut Periode 2017-2019

Ketua Dekranasda Provinsi Gorontalo Idah Syahidah Rusli Habibie (kiri) saat melantik pengurus Dekranasda Kabupaten Gorontalo Utara periode 2017-2019, di Graha Al Indah Kab. Gorut, Selasa (15/11)

Gorut – Usai menjalankan tugasnya selama dua tahun, kepengurusan Dekranasda Kabupaten Gorontalo Utara yang baru kembali dikukuhkan Ketua Dekranasda Provinsi Gorontalo Idah Syahidah Rusli Habibie untuk periode 2017-2019, di Graha Al Indah Kabupaten Gorontalo Utara, Selasa (15/11).

Dalam arahannya Idah menjelaskan di era otonomisasi saat ini prakarsa, kreatifitas dan partisipasi masyarakat harus senantiasa didorong dan difasilitasi. Hal ini bertujuan agar masyarakat lebih mampu mengakses dan bahkan mengelola sumber daya yang tersedia untuk meningkatkan kesejahteraannya.

Lebih lanjut Idah mengutarakan pengusaha kecil atau pengrajin yang merupakan bagian integral dari masyarakat sebagai pelaku ekonomi peranannya cukup strategis dalam membantu pemerintah untuk memperluas kesempatan berusaha dan peluang kerja.

“ Tidak sedikit perusahaan-perusahaan besar sekarang ini ada yang mengalami kebangkrutan, nah pelaku-pelaku UMKM atau para pengusaha kecil menjadi salah satu pendorong geliat ekonomi masyarakat yang diharapkan mampu memberikan pemerataan hasil-hasil pembangunan di pedesaan khususnya, menggali dan melestarikan serta mengembangkan kerajinan seni dan budaya,”kata Idah.

Idah berpendapat bahwa terdapat berbagai tantangan dan kendala yang dihadapi oleh para pengusaha UMKM diantaranya lemahnya kemampuan pengrajin dalam mengakses peluang pasar, terbatasnya kemampuan dan pengelolaan usaha baik dalam aspek produksi, manajemen usaha maupun teknologi, lemahnya kemampuan permodalan usaha serta lemahnya desain dan mutu produk.

“ Dukungan SDM yang kreatif dan jika diperkaya dengan ragam desain etnik saya pikir produknya akan bernilai tambah dan menjadi kerajinan baru yang mendunia atau menjadi seni “seni kriya” baru dimana kerajinan tradisional dengan sentuhan modern akan diterima secara universal”, ujar Idah.

Melihat peluang tersebut kata Idah, Dekranasda memegang peranan yang sangat penting didalam mendukung dan mengembangkan industri kerajinan yang ada didaerah kita ini. Dekranasda menjadi wadah berhimpunnya para penggiat industri kerajinan nasional dan merupakan elemen penggerak di industri kerajinan dan telah menjalankan perannya sebagai mitra pemerintah untuk membina dan mengembankan tradisi dan warisan budaya dalam membuat kerajinan yang semakin bermutu dan berdaya saing diseluruh wilayah nusantara.

Sebagai Ketua Dekranasda Provinsi Gorontalo dia berharap dengan dikukuhkannya kepengurusan Dekranasda Kabupaten Gorontalo Utara di bawah kepemimpinan Reni Yasin Hiola, dapat memberikan konstribusi terhadap pencapaian masyarakat yang mandiri, handal dan sejahtera yakni masyarakat pengusaha kecil dan pengrajin yang mampu mengembangkan potensi dirinya untuk mengakses sumber daya yang dibutuhkan secara mandiri dan mempunyai kemampuan dalam menghadapi kendala dan tantangan yang ada, tandasnya.

Pewarta/editor : Burhan
Foto : Burhan

78 total views, 3 views today

author

Author: 

Leave a Reply