Idah : Jauhi Narkoba, Dekati Keluarga

Ketua TP. PKK Provinsi Gorontalo Idah Syahidah Rusli Habibie saat memberikan sosialisasi Penanggulangan HIV AIDS, di SMANSA Telaga Biru Kabupaten Gorontalo, Selasa (24/7/2018). (foto : Andika – Humas)

Kabupaten Gorontalo, Humas – Penggunaan narkoba di kalangan remaja sering diakibatkan kurangnya pengawasan dan komunikasi yang baik pada keluarga. Hal ini dikatakan Ketua TP. PKK Provinsi Gorontalo Idah Syahidah Rusli Habibie pada Sosialisasi Penanggulangan HIV AIDS, di SMANSA Telaga Biru Kabupaten Gorontalo, Selasa (24/7/2018).

Menurut Idah, pergaulan anak remaja jaman sekarang sudah begitu mengkhawatirkan, majunya teknologi dan perkembangan life style yang berubah drastis, membuat orang tua sulit menjaga anaknya selama 24 jam penuh sehingga anak remaja rentan berbuat hal-hal negative dan merugikan.

Baca Juga :  Pemerintah Gorontalo Siap Amankan Pileg-Plpres 2019

“ Mulai dari seks bebas, narkoba (penggunaan jarum suntik), perilaku suka gonta ganti pasangan yang bisa mengakibatkan terjangkitnya penyakit AIDS,” jelas Idah.

Dikatakan, narkoba dan seks bebas adalah dua hal saat ini sangat urgent yang harus ditangani secara serius baik pemerintah maupun masyarakat.

Idah yang juga Ketua Tim Asistensi KPAP Gorontalo menyebutkan,  penyakit AIDS adalah penyakit  yang sangat berbahaya dan sampai saat ini belum ditemukan obat penyembuhnya.

Remaja cenderung memiliki jiwa yang rapuh dan labil sehingga mereka jarang mempertimbangkan konsekuensi dari tindakan yang mereka lakukan, apakah mengarah pada hal yang membahayakan atau tidak, misalnya penggunaan narkoba dan free seks yang bisa menyebabkan penyakit AIDS.

Baca Juga :  Rayakan Setahun 'NKRI', Gubernur-Wagub Undang 250 Anak Yatim

“Pencegahan AIDS  dapat dilakukan berbagai pihak seperti sosialisasi AIDS saat ini, dan yang paling utama peran keluarga karena lingkungan keluarga sangat menentukan  alam pembentukkan sifat dan sikap seseorang,” terang Idah.

Pada kesempatan itu,  Ketua Kwarda Gerakan Pramuka Provinsi Gorontalo ini juga melantik dan mengambil sumpah Pengurus Pusat Informasi Konseling (PIK) Remaja Nohuyula SMAN I Telaga Biru, yang diharapkan dapat menjadi wadah guna memberikan pelayanan informasi dan konseling tentang perencanaan kehidupan berkeluarga bagi remaja serta kegiatan-kegiatan penunjang lainnya.

Pewarta : Burhan

Editor : Asriani

218 total views, 2 views today

Rate this article!
author

Author: